Sukses

Nggak Perlu Beli Sepeda Sultan! Cek Dulu Tips Bersepeda Pemula

Sebelum membeli tentukan ukuran sepeda yang tepat pastikab beli 'kendaraan' yang sesuai dengan anggaranmu!

Liputan6.com, Jakarta Di era kebiasaan baru alias new normal, bersepeda jadi aktivitas baru yang dilakukan masyarakat di Tanah Air. Kalian salah satu penggemar aktivitas ini? 

Memang banyak banget manfaat dari bersepeda yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari meningkatkan kekuatan tulang dan kekuatan otot, menjaga berat badan ideal, hingga mengatasi insomnia. 

Ketua Woman Cycling Community (WCC) Bali Trilara Prasetya Rina menjelaskan bahwa bersepeda juga membuat pacu kerja jantung lebih baik, membuat emosi lebih stabil, serta menjaga kestabilan metabolisme tubuh. 

Namun terlepas dari segudang manfaat itu, Trilara atau akrab disapa Lara saat berbincang dengan tim Liputan6, memberikan tips bersepeda buat pemula, seperti:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Nggak Perlu Beli Sepeda Sultan

Penting jangan lihat pesepeda dengan 'kendaraan' mahal. "Pastikan beli sepeda sesuai bujet. Nggak perlu beli sepeda yang mahal, jika belum sampai pada tahap yang diharapkan. " kata Lara.

Ya, harga sepeda bervariasi, mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Bahkan ada beberapa jenis sepeda yang memiliki harga hampir setara dengan mobil LCGC yang ada di Indonesia, atau kelas di bawahnya setara dengan satu unit motor matik keluaran terbaru.

Namun satu hal yang pasti, sebelum membeli tentukan ukuran sepeda yang tepat, demi kenyamanan dan kontrol lebih baik saat bersepeda, serta sesuai dengan anggaranmu! 

3 dari 5 halaman

2. Waktu Tepat Bersepeda

Menurut Lara yang pernah keliling Kalimantan sendirian ini menjelaskan waktu terbaik untuk bersepeda adalah di pagi hari. 

"Pagi. Is the best way to train your self karena tubuh baru saja istirahat. Siang paling nggak direkomendasi karena terlalu berisiko cuaca panas. Sore bisa terlalu lelah karena diforsir latihan," kata Lara. 

Apalagi, lanjut Lara jika olahraga sepeda dilakukan jelang malam hari.

"Tidur jadi nggak nyenyak karena tubuh masih memproses kegiatan olahraga itu yang seharusnya tubuh beristirahat," jelas Lara. 

4 dari 5 halaman

3. Latihan

Jangan lupa bahwa bersepeda bukan soal mengayuh lho, tapi juga latihan! Sebelum bersepeda, pastikan juga kamu melakukan pemanasan lebih dulu. Namun selain pemanasan, ada baiknya bagi pencinta olahraga sepeda, lakukan latihan rutin. 

"Latihan menguatkan otot perut. Jika tidak dikuatkan, malah nanti punggung sakit. Squat juga sangat perlu, push up bagus banget supaya tangan kuat," jelas Lara. 

5 dari 5 halaman

4. Minum Susu

Lara mengatakan bahwa asupan gizi yang tepat adalah penunjang kesehatan para pesepeda. Namun salah satu yang pasti dikonsumsi Lara adalah susu. 

"Susu itu kan penting banget buat tulang. Ketika mau mengatur kekuatan otot, dibutuhkan kalori yang tepat, apalagi buat para pesepeda pemula," kata Lara. 

Menurut Lara, susu membantu tubuh lebih rileks setelah aktivitas ekstra yang dilakukan selama bersepeda.

"Paling pas itu kalau menurut saya, susu cokelat karena kalorinya banyak dan lumayan untuk menahan lapar dalam satu jam ke depan," jelasnya. 

Nah dari penjelasan Lara, kamu bisa memilih produk susu dari jenis sapi Frisian Holstein yang terkenal sebagai penghasil susu dengan kualitas terbaik yang dirawat dengan baik dan ditangani oleh ahli gizi profesional.

Pilih juga susu dengan kenikmatan, kesegaran ekstra, dan kaya nutrisi, serta cocok untuk dinikmati setiap hari bagi kamu yang #BerdedikasiEkstra di era kenormalan baru ini. 

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini