Sukses

Perkemahan Ramah Lingkungan di Belanda, Bukan Tinggal di Tenda Biasa

Liputan6.com, Jakarta -  Banyak tempat wisata ditutup sementara selama pandemi Covid-19. Publik pun mulai mengadopsi opsi wisata yang dinilai cukup aman dan memungkinkan di masa krisis kesehatan global. Berkemah banyak dipilih dan makin digemari di banyak negara.

Tidak melulu harus menggunakan tenda. Di Belanda misalnya, perkemahan baru yang unik dan artistik telah dibuka yang memungkinkan para wisatawan untuk menghabiskan malam di unit-unit fantastis dengan desain menarik. Kita bisa bermalam di beberapa unit yang dirancang dari barang-barang daur ulang seperti kereta listrik, rumah kaca, rumah kecil dari batu bata terapung, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari laman Lonely Planet, 1 Oktober 2020, tiap unit perkemahan unik ini dibuat dari bahan daur ulang serta dirancang sebagai karya seni yang berdiri sendiri. Perkemahan Budaya atau Culture Campsite itu berlokasi di Delfshaven yang bersejarah, berjarak 10 menit dari pusat kota Rotterdam, Belanda.

Perkemahan unik ini didesain sebagai tempat kemah yang berkelanjutan dan juga dilengkapi dengan pameran interaktif.  Setiap kamar tidur dari unit ini bisa menampung dua sampai tiga orang. Kamar-kamarnya didesain oleh sejumlah seniman dan desainer lokal.

Lokasi perkemahan ini ditata dalam desain melingkar. Para wisatawan disediakan tempat tidur unik seperti Val Ross, bekas silo hewan dengan palka. Ada pula Honeycomb, rumah panggung yang terinspirasi dari lebah, serta hibrida tenda-rumah kaca yang terinspirasi oleh semangat jiwa petualang. Perkemahan ini terletak tepat di bekas tempat parkir yang diubah menjadi ruang hijau kecil berkat proyek tersebut.

"Berkemah di tempat ini jadi pengalaman unik antara pengunjung, seni, arsitektur dan keberlanjutan di tengah kota Rotterdam. Unit-unitnya lebih kecil dari rumah yang mungil, tapi lebih menarik dari tenda, dan berbeda dari semua akomodasi glamping," terang satu anggota tim Perkemahan Budaya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Bahan Bangunan Daur Ulang

Fasilitas lain yang disediakan di perkemahan ini adalah ‘Sleeping Pod’, yaitu semacam tempat tidur yang mirip dengan pesawat luar angkasa yang dibuat dari bekas penampungan ternak. Selain itu ada persembahan lain berupa ‘Floating Bricks’, sebuah ilusi optik yang menggabungkan bahan bangunan daur ulang dengan kaca.

Menurut tim perkemahan budaya, jaga jarak juga akan diterapkan di lokasi ini karena memang sudah diberi jarak antar unit. Sementara pengelola proyek ini juga selalu rutin membersihkan semua unit dengan baik untuk mencegah Covid-19.

Tak hanya di Belanda, baru-baru ini, milenial di Amerika Serikat memutuskan pergi berkemah. Dilansir laman Fox News, Jumat, 2 Oktober 2020, menurut survei Kampgrounds of America, jaringan perkemahan terluas di Amerika Serikat dan Kanada, kebanyakan 55 persen gelombang milenial yang datang berkemah adalah pelancong baru.

Survei itu pun menunjukkan, 40 persen pelancong baru tak segan kembali datang berkemah di tahun selanjutnya. Selain bisa membuat pikiran rileks dan menghirup udara segar, berkemah juga menumbuhkan rasa keberanian pada diri seseorang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: