Sukses

Lebih Dekat dengan Svargabumi, Destinasi Wisata Baru yang Berada di Areal Persawahan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut Svargabumi sebagai 'surga dunia' yang tak hanya menguntungkan pengelola destinasi wisata.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 tak membuat orang berhenti untuk berwisata, bahkan sejumlah destinasi baru bermunculan. Salah satu destinasi wisata tersebut adalah Svargabumi di Magelang, Jawa Tengah.

Baru-baru ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi destinasi wisata yang berada di tengah sawah itu. Svargabumi atau 'surga dunia' ini ramai dikunjungi para pelancong yang jaraknya hanya sekitar 300 meter dari Candi Borobudur.

"Inilah "surga dunia" di Magelang yang berada di tengah sawah. Tempat wisata yg memberi keuntungan bukan hanya pengusahanya, tapi juga petani sekaligus masyarakat sekitarnya. Ini namanya sambatan, gotong royong meraih kemakmuran bersama-sama," tulis Ganjar dalam akun Instagram pribadinya, Senin, 31 Agustus 2020.

Tak cukup lewat Instagram, Ganjar juga mengunggah kunjungannya itu lewat kanal YouTube miliknya pada Selasa, 1 September 2020. Di dalam video itu, Ganjar berbicara kepada pengelola tempat wisata tersebut.

"Kami itu potensi utamanya di Borobudur. Kami ingin menambah (destinasi wisata) selain ke candi (Borobudur). Namun, kita nggak mau jauh-jauh dari candi karena magnetnya memang ke sana," ujar Pungki, pengelola Svargabumi dalam bincang-bincang dengan Ganjar Pranowo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spot Foto dan Kelestarian Lingkungan

Pungki menjelaskan, keberadaan Svargabumi merupakan hasil kerja sama dengan para petani. Ia menyewa tanah tersebut dengan mereka.

"Petani masih menggarap (sawah) ini. Hasilnya 100 persen untuk mereka," tutur Pungki. "Pemiliknya (sawah) ada sekitar 30 orang," imbuhnya.

Persiapan Svargabumi sudah dimulai sejak Juli 2019. Seharusnya, pada Lebaran 2020 lalu, Svargabumi sudah dibuka untuk masyarakat.

"Namun karena Covid, kami mundur hingga baru dibuka pada 8 Agustus 2020," ucap Pungki.

Svargabumi memiliki target sebagai lokasi pemotretan dengan konsep kelestarian lingkungan. Jalan di sepanjang lokasi tersebut menggunakan kayu-kayu yang disusun secara apik.

Di tengah-tengah sawah, terdapat sejumlah kursi dan sofa warna putih yang dilengkapi dengan pelindung warna senada. Tempat-tempat tersebut digunakan para pelancong untuk mengabadikan momen kunjungannya dan bisa sambil duduk-duduk.

Berdiri di atas lahan seluas empat hektare, destinasi wisata ini menyuguhkan spot foto di tengah persawahan. Untuk menikmati kawasan ini, pengunjung dikenakan tiket masuk Rp25 ribu untuk dewasa dan Rp15 ribu untuk anak-anak. Buka setiap hari, kecuali pada Kamis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.