Sukses

6 Kota Kecil di Jawa Tengah yang Miliki Destinasi Wisata Keren nan Ramah di Kantong

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara tentang wisata di Indonesia seolah tak akan ada habisnya. Setiap pulau, bahkan provinsinya memiliki keunikannya masing-masing, termasuk Jawa Tengah.

Diapit oleh berbagai provinsi Jawa lainnya, Jawa Tengah memiliki berbagai kota wisata yang layak dikunjungi. Tak hanya Semarang atau Magelang, kota-kota ini juga menawarkan pemandangan dan spot yang menarik, mulai dari tempat bersejarah hingga alam.

Bila Anda sedang berpikir destinasi untuk menghabiskan liburan akhir tahun, Anda bisa mempertimbangkan kota-kota di Jawa Tengah ini. Selain lokasinya yang tak terlalu jauh dari ibukota Indonesia, harga setiap destinasi wisata yang ditawarkan juga masih ramah di kantong.

Lantas, di mana saja kota-kota tersebut? Liputan6.com merangkum enam kota-kota di Jawa Tengah dengan destinasi wisata yang memukau, dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 8 halaman

Salatiga

Kota seluas 56,78 kilometer persegi ini merupakan kota yang berbatasan dengan Semarang. Salatiga menjadi kota yang cocok bila Anda ingin menikmati wisata alam. Salah satu yang sudah dikenal masyarakat mungkin Gunung Merbabu. Tapi, ada destinasi lainnya yang tak kalah menarik seperti Hutan Pinus Kayon. Di sana, Anda dapat melihat hamparan pohon pinus yang dapat menyejukkan hati dan tubuh, serta sebagai spot foto yang instagramable.

Lelah mendaki Gunung Merbabu, ada Air Terjun Umbul Songo yang siap menyambut. Terletak di wilayah Kopeng yang berjarak 15 km dari pusat kota Salatiga, wisata alam ini akan menyuguhkan Anda air terjun setinggi 15 meter dan hamparan rerumputan hijau yang asri.

Sayangnya, air terjun ini hanya menggunakan sumber air dari hujan sehingga debit air tidak terlalu kencang. Tapi, jangan khawatir karena pihak pemerintah telah merenovasi lokasi itu sehingga dihadirkan pula berbagai wahana, seperti kolam renang. Tiket masuk ke sini hanya Rp8.500 per orang.

3 dari 8 halaman

Wonosobo

Wonosobo merupakan sebuah kabupaten yang terkenal dengan dataran tinggi Dieng. Bila Anda merupakan orang yang gemar untuk naik gunung, Gunung Prau bisa menjadi pilihan untuk berwisata sekalian menyalurkan hobi. Lanskap indah lainnya juga bisa Anda temui di Batu Ratapan Angin, Telaga Menjer dan Bukit Seroja. Harga tiket masuk ke tempat-tempat tersebut juga masih ramah di kantong, yakni berkisar Rp5 ribu per orang.

Di sini, Anda juga bisa mengunjungi Candi Arjuna. Candi ini mungkin tak sebesar Candi Prambanan atau Borobudur, tapi bangunan-bangunan itu tak kalah menarik dan bisa menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan waktu liburan di Wonosobo. Bila Anda pergi di bulan Agustus, Anda berkesempatan untuk melihat Dieng Culture Festival.

4 dari 8 halaman

Purworejo

Tak banyak terdengar sebagai kota wisata, diam-diam Purworejo menyimpan berbagai tempat wisata berjuta sejarah. Salah satunya adalah Goa Seplawan yang berada di Desa Donorejo. Memiliki panjang lebih dari 750 meter, gua bawah tanah ini menyimpan kekayaan Hinduisme yang luar biasa.

Pada 1979, ditemukan arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati seberat 2,5 kg yang kini disimpan di Museum Nasional (Munas). Di dalam gua, ada jalan bercabang yang bisa mengantarkan Anda melihat pemandangan gunung yang indah. Harga tiket masuk ke sini berkisar Rp3 ribu sampai Rp5 ribu.

Lalu, ada Curug Kaliurip yang menyuguhkan Anda air terjun setinggi 40 meter. Alam yang asri juga bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk melepas penat. Selain itu, para pengunjung bisa belajar membatik, membuat wayang, bahkan olahraga panahan. Harga tiket masuk ke sini adalah Rp5 ribu.

 

5 dari 8 halaman

Jepara

Terkenal sebagai kota kelahiran R.A. Kartini, Jepara ternyata juga memiliki wisata alam yang tak kalah ciamik. Berbatasan dengan Laut Jawa, Jepara dianugerahi banyak pantai, seperti Pantai Kartini dan Pulau Panjang. Pesona Pulau Karimun Jawa juga bisa ditemukan setelah melalui perjalanan laut dari Pelabuhan Pantai Kartini. Keasriannya menjadikan pulau ini dijuluki sebagai Caribbean van Java karena panoramanya mirip seperti Karibia.

Tak hanya alam, sejarah di Jepara juga menyisakan bangunan yang menjadi tombak penting kemerdekaan, yakni Benteng Portugis. Di sana, Anda bisa menikmati indahnya pantai dan Pulau Mandalika. Anda juga bisa menemukan meriam kuno zaman peninggalan Belanda.

6 dari 8 halaman

Banyumas

Sebuah kabupaten di Jawa Tengah yakni Banyumas bisa menjadi pilihan Anda yang lain untuk berlibur di Jawa Tengah. Di sini, Anda bisa ke tempat wisata yang terkenal, yakni Baturaden. Hanya berjarak 7,5 km dari Purwokerto, kecamatan ini merupakan wilayah lereng selatan Gunung Slamet. Wisata Baturaden akan menyuguhkan Anda keindahan alam, seperti air terjun, kebun raya dan pedesaan yang tidak akan didapatkan di kota metropolitan.

Selain alam, di Baturaden juga terdapat Bukit Pandang Munggang yang menjadi tempat hits untuk berfoto. Menyediakan berbagai pilihan spot foto, Anda bisa menikmati alam dari ketinggian. Hanya dengan membayar Rp5 ribu, Anda sudah bisa berfoto sembari melihat panorama Kabupaten Banyumas.

7 dari 8 halaman

Kebumen

Terakhir, Kabupaten Kebumen bisa Anda kunjungi karena terdapat berbagai wisata alam dan bangunan bersejarah. Berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo, Cilacap, Banyumas dan Samudera Hindia, Kebumen menyediakan hamparan alam yang tak kalah indah dengan yang lainnya. Terlebih, kabupaten seluas 1.681 kilometer persegi ini juga memiliki Pantai Logending yang memiliki daya tarik mistis, karena dipercaya ada batu karang sebagai pintu gerbang Nyi Roro Kidul.

Di Kebumen, Anda juga bisa melihat benteng pertahanan Hindia Belanda pada abad ke-18, Benteng Van der Wijck. Benteng ini terletak di kota Gombong, 20 kilometer sebelah barat dari ibukota. Pesona bangunan yang memiliki luas lebih dari 3.600 meter persegi ini merupakan benteng persegi delapan satu-satunya di Indonesia. Bila Anda tertarik ke sini, harga tiket masuknya adalah Rp25 ribu, dan jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. (Novi Thedora)

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Selain Upah Murah, Magnet Jateng di Mata Investor Adalah Etos Pekerja Tinggi
Artikel Selanjutnya
Ribuan Anggota Dewan se-Jateng Ikut 'Wajib Belajar' Bersama Ganjar Pranowo