Sukses

Desain Interior Rumah Eklektik Modern dengan Sentuhan Oriental

Liputan6.com, Jakarta - Konsep desain eklektik adalah gaya yang membebaskan penghuni maupun perancang berekspresi. Istilah eklektik kian populer di dunia desain interior. Eklektik memungkinkan perancang mencampurkan beragam elemen ke dalam desainnya, termasuk perpaduan tekstur, gaya, tren, warna, hingga periode desain.

Anda dapat mewujudkan rumah eklektik modern melalui desain interior hunian. Namun, karena gaya yang ingin diterapkan tidak terbatas, aplikasiny kerap kali membuat desainer kebingungan. Saking banyak pilihan, sulit menentukan batas-batas yang jelas.

Karena itu, gaya ini rentan membuat rumah terlihat berantakan dan tidak berkonsep. Desainer Michael Lauw dari Michael Lauw Studio mencoba mewujudkan desain rumah oriental dengan gaya eklektik modern.

Diberi nama Vbi Residence, seperti apa tampilan hunian yang berlokasi di Surabaya ini? Simak selengkapnya inspirasi yang dirangkum Arsitag di bawah ini.

Menggunakan Satu Warna Dominan yang Sama

Meski desain eklektik membebaskan memilih dan menggabungkan warna apa saja, porsinya tetaplah harus sesuai. Pada rancangan Vbi Residence, dapat dilihat penataan interiornya mengaplikasikan palet warna senada, yakni krem.

Selain itu, terlihat jelas sang desainer memilih untuk lebih banyak menggunakan tekstur. Hal ini tampak pada beberapa bagian ruangan, seperti dinding, lantai, dan material kain yang tersebar di seluruh penjuru rumah.

Sementara itu, perabotannya menggunakan sofa bergaya modern di ruang keluarga dan kursi kayu klasik di ruangan lain. Persamaan skema warna ini membuat seluruh ruangan tampil saling terikat dan harmonis.

2 dari 5 halaman

Memanfaatkan Konsep Open Plan

Keunikan lain dalam desain rumah yang selesai dibangun 2016 ini adalah penggunaan konsep open plan. Desainer memutuskan menggabungkan ruang keluarga dengan area ruang makan.

Hanya sebuah pemisah sederhana di sisi kanan yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi. Pintu kaca di sebelah kiri ruang tamu jadi sumber pencahayaan alami di siang hari sekaligus memberi kesan lebih airy ke dalam ruangan.

3 dari 5 halaman

Bermain dengan Ragam Aksesori

Kepiawaian sang desainer terlihat dari kemampuannya menggabungkan beragam jenis aksesori, namun tetap menonjolkan gaya oriental. Seperti yang dapat dilihat dari lukisan dan patung naga di sudut ini.

Bentuk meja yang unik juga jadi daya tarik tersendiri. Sementara pada ruangan lain, beragam pajangan berupa patung-patung yang diletakkan pada rak di dinding, efektif mempercantik dekorasi interior.

4 dari 5 halaman

Kamar Tidur dengan Tema Berbeda

Trik berikutnya untuk menggabungkan beragam gaya desain ke dalam rumah adalah membaginya dalam beberapa kamar tidur.

Kamar tidur utama Vbi Residence menerapkan gaya modern dan sentuhan klasik minimalis melalui pemilihan bedding, serta warna dindingnya. Paduan lantai kayu dengan cahaya kekuningan menambah kesan hangat di dalamnya.

Sedangkan, kamar tidur lain hadir dengan nuansa berbeda. Memilih dinding biru navy, perabotan berwarna krem yang memenuhi ruangan tampak kontras dan membuatnya tampil menonjol.

Sementara itu, kamar anak tampil dengan gaya modern dan suasana lebih fun. Masih didominasi warna krem dan putih, percikan warna-warna cerah dapat Anda temukan di sini. Dinding bercorak heksagonal yang jadi focal point pun menekankan gaya eklektik.

Ragam warna lain ditambahkan melalui pemilihan motif bantal, kursi, hingga mainan yang tersebar di dalam kamar. Meskipun konsep eklektik membebaskan Anda dalam menata dekorasi interior, bukan berarti Anda tidak menetapkan batasan.

Vbi Residence mencontohkan desain eklektik modern melalui penggabungan beragam tekstur, adanya focal point, dan konsistensi warna. Ditambahkan sentuhan oriental, semuanya dirancang secara cermat sehingga menghasilkan tampilan interior yang apik nan elegan.

Jika Anda tertarik mendesain rumah dengan interior bergaya eklektik modern, Vbi Residence adalah referensi yang menarik untuk dipelajari.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: