Sukses

Ratu Elizabeth II Ternyata Pegang 6 Rekor Dunia, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II memegang enam Guinness World Records atau rekor dunia Guinness, termasuk menjadi raja tertua yang masih memerintah. Ia baru saja merayakan ulang tahun ke-94 pada 21 April 2020 ini baru saja menambah koleksi rekor dunia sepanjang masa pemerintahannya.

Dilansir dari The Sun, Senin (11/5/2020), Ratu Elizabeth II saat ini memegang gelar untuk mata uang terbanyak yang menampilkan individu yang sama, Ratu terkaya, dan Ratu Inggris tertua.

Nenek Pangeran Harry dan Pangeran William ini juga secara bersamaan memegang rekor sebagai Ratu pemerintahan terpanjang, raja pemerintahan terpanjang saat ini, dan raja tertua kini.

Pada 2007, Ratu Elizabeth II menjadi pemegang rekor Ratu Inggris tertua. Rekor ini diraih setelah ia melampaui nenek moyangnya, Ratu Victoria, rekor 81 tahun dan 244 hari.

Pada tahun berikutnya, Ratu mengambil gelar Raja tertua Inggris. Gelar tersebut didapatkan setelah sukses melampaui rekor Raja George III selama 82 tahun.

Pada 2015 Ratu Elizabeth II mengambil rekor lain dari Ratu Victoria, melampaui masa pemerintahannya untuk menjadi Ratu yang paling lama memerintah.

2 dari 3 halaman

Rekor Ratu Elizabeth II

Pada saat itu Ratu Elizabeth II mengatakan gelar itu "bukan yang ia cita-citakan". Ratu Victoria telah duduk di atas takhta selama 63 tahun, tujuh bulan dan tiga hari ketika dia meninggal pada 22 Januari 1901.

Ratu Elizabeth II merayakan 68 tahun di atas takhta tahun ini, setelah dinobatkan pada 6 Februari 1952. Tetapi Ratu mengambil gelar raja hidup yang paling lama memerintah setahun kemudian, setelah pemegang jabatan sebelumnya, Raja Bhumibol Adulyadej (Rama IX) dari Thailand, meninggal pada 2016.

Karena kemiripannya muncul pada uang dari setidaknya 45 negara yang berbeda, ia juga memegang gelar untuk sebagian besar mata uang yang menampilkan individu yang sama.

Pada 2012, ia dianugerahi rekor sebagai Ratu terkaya, setelah Sunday Times memperkirakan kekayaan pribadinya adalah 310 juta Pound sterling.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: