Sukses

Ogah Tunda Pernikahan, Pasangan Ucap Janji Suci dengan Kursi Gereja Dipenuhi Potret Tamu Undangan

Liputan6.com, Jakarta - Saat Emily Manashi dan Parris Khachi bertunangan pada Mei tahun lalu, pasangan asal San Francisco, Amerika Serikat ini tak pernah mengantisipasi pernikahan mereka akan terjadi di tengah krisis kesehatan global.

"Kami selalu merencanakan menikah di Gereja St. Ignatius, Emily sekolah di USF (University of San Francisco) yang notabene merupakan bagian dari gereja itu," kata Khachi lewat pesan pada Buzzfeed yang dilansir Senin, 4 Mei 2020.

Memutuskan tak menunda pernikahan, Manashi mengatakan, itu bukanlah keputusan mudah. Di satu sisi, mereka ingin semua orang terkasih ada di hari itu, namun, di sisi lain, ingin menikah dan mulai hidup bersama.

Dengan berbagai pertimbangan, keduanya pun tetap bertukar janji suci pernikahan pada Sabtu, 25 April 2020 di gereja tersebut dengan dihadiri hanya keluarga inti.

Di sederet potret, tampak mereka menjalani pemberkatan pernikahan dikeliling foto orang-orang yang memenuhi kursi gereja. Saat foto pernikahan mereka beredar di jagat maya, banyak orang menyangka keduanya mencetak foto tamu undangan mereka.

Namun, Manashi tak membenarkan anggapan tersebut. Foto-foto ini merupakan jemaat regular yang biasanya mengikuti pelayanan gereja. "Menjaga hubungan antara pastor dan jemaat, pihak gereja memang mencetak foto mereka dan ditaruh di kursi-kursi gereja," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Manfaatkan Teknologi

Fotografer pernikahan membagikan foto Manashi di Facebook dengan keterangan foto, "Pengantin perempuan masuk dengan menggandeng tangan ayahnya. Kemarin, saya sangat beruntung bisa jadi fotografer di pernikahan ini."

Memanfaatkan teknologi, orang-orang tersayang kedua mempelai bisa tetap menyaksikan prosesi tersebut lewat livestream. Total, ada 200 tamu undangan yang semestinya hadir di hari bahagia pasangan tersebut.

Setelah pemberkatan, mereka melakukan dansa pertama di area di luar gereja dan segera kembali ke apartemen untuk makan malam bersama. "Kami harap bisa menyelenggarakan perayaan lebih besar nantinya. Tapi, kemarin kami tetap berpidato dan memotong kue," tutur Manashi.

Kendati pernikahan tetap berlangsung, mereka terpaksa menunda rencana perjalanan bulan madu yang semula bakal dilakoni di Italia dan Yunani.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: