Sukses

7 Tips Jaga Kesehatan Kulit Saat Sering Cuci Tangan

Ketika mencuci tangan lebih sering, ada beberapa tips membantu menjaga agar kulit tak kering dan pecah-pecah.

Liputan6.com, Jakarta - Para ahli dari World Health Organization (WHO) mengimbau semua orang untuk sering cuci tangan sebagai salah satu upaya pencegahan merebaknya pandemi corona COVID-19.

Karena lebih sering mencuci tangan daripada biasanya, para ahli kulit berbagi tips yang dapat membantu menjaga kulit tetap sehat. Apa saja? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir Healthline, Minggu (22/3/2020), berikut ini.

1. Cuci dengan air hangat

Dr. Daniela Kroshinsky, direktur dermatologi anak dan dermatologi rawat inap di Massachusetts General Hospital menyebut cuci tangan setidaknya 20 detik dengan sabun dan air.

"Waktu yang diperlukan untuk menyanyikan "Selamat Ulang Tahun" sebanyak dua kali, pastikan untuk menggosok telapak tangan, punggung tangan, jari, di antara jari, pergelangan tangan, dan kuku," katanya.

Ia menyampaikan lebih baik menggunakan air hangat daripada panas. "Air yang sangat panas akhirnya akan membuat kering dan tidak meningkatkan keberhasilan," tambahnya.

2. Gunakan sabun pelembap

Banyak sabun dapat mengupas kulit dan membuatnya kering dan pecah-pecah. Maka dari itu cuci tangan dengan sabun yang melembapkan.

"Misalnya sabun dengan konsistensi krim. Anda juga harus memperhatikan sabun dengan bahan-bahan seperti gliserin dan lanolin. Juga cobalah untuk menghindari sabun batangan," kata Lucy Xu, spesialis kulit.

3. Pakai pelembap

"Air bertindak seperti magnet dan akan menarik air keluar dari lapisan kulit terdalam dan menguap ke udara kering. Hasilnya kulit menjadi lebih kencang dan kering," kata Renee Rouleau, ahli perawatan kulit dan estetika.

Ia melanjutkan, untuk mencegah hal tersebut terjadi penting memastikan untuk segera memakai krim tangan sesudahnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Pakai sarung tangan

Selain memakai pelembap ke kulit setelah dicuci, Dr. Adam Friedman, profesor dermatologi di George Washington School of Medicine and Health Sciences, penting juga untuk merendam tangan dalam air biasa selama lima menit. Lalu oleskan pelembap, dan kenakan sarung tangan selama 1--2 jam.

5. Pakai skin balm

Lucy Xu menyebut pemakaian skin balm akan menenangkan area yang kering pada kulit dan melindungi dari kerusakan lebih lanjut.

6. Ganti sementara ke hand sanitizer

Jika tangan terlalu kering untuk dicuci, disarankan untuk menggunakan hand sanitizer untuk sementara.

7. Mengeringkan tangan

Kroshinsky menyebut mengeringkan tangan lebih baik dengan paper towel, tetapi jika memakai kain, setiap orang di rumah harus memiliki handuk sendiri. Handuk itu harus diganti dengan yang bersih setiap tiga hari.

Pastikan tangan benar-benar kering, karena kuman lebih mudah berpindah pada tangan yang basah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.