Sukses

Koleksi Sebastian Gunawan Buka Fashion Nation 2020, Dorong Perempuan Bebas Berekspresi

Lewat 40 looks yang terdiri dari jumpsuit, top, long pants, outer, dan gown, Sebastian Gunawan tawarkan koleksi nan vibrant di pembukaan Fashion Nation 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Bertajuk "Fly for Freedom", Sebastian Gunawan merilis koleksi eksklusif di malam pembukaan Fashion Nation 2020 di Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis, 12 Maret 2020. Tak tanggung-tanggung, 40 looks dipersembahkan Seba, begitu ia akrab disapa, di runway.

"Kita tahu sekarang wanita sudah lebih kreatif, lebih teredukasi. Tapi terakhir, banyak sekali kita melihat wanita cenderung ikut-ikutan terhadap fashion, agak latah, sedangkan kita mengharapkan sekarang ini wanita harus berani tampil beda," katanya pada tim video Fimela.com di bilangan Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

Karenanya, lewat koleksi ini, Seba mendorong para perempuan untuk berani menampilkan jati diri mereka. "Nah, kebetulan memang kita bergerak di koleksi yang hari ini adalah koleksi couture. Kita pengin memberi penampilan couture yang beda untuk setiap wanita," imbuhnya.

Sesuai dengan temanya, Sebastian Gunawan hendak memberi suntikan semangat bagi para perempuan untuk bebas mengekspresikan diri tanpa tekanan budaya maupun sosial. "Jadi jangan ikut-ikutan, bebas saja," ujarnya.

Soal koleksi yang jadi pembuka rangkaian Fashion Nation, Seba menjelaskan, silhoutte busananya beragam, mulai dari mode tahun 50-an, 60-an, sampai 80-an. "Ada simetris, jumpsuit, terus ada juga detail kayak feathers, silhoutte baloon. Detailnya juga ada yang manik, ada yang silhoutte-nya free," tuturnya.

Fokus pada opsi baju malam, Seba mau mengatakan, pemilihannya tak melulu busana cantik dengan potongan clean dan rok lebar. "Ada jumpsuit yang warna-warnanya lebih berani. Yang harus, juga tidak harus fit into the body, bisa saja agak loose, bisa saja juga agak over the shape," ucap Sebastian Gunawan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembuka Rangkaian Acara Fashion Nation 2020

Menunjang tampilan yang kontras dengan kebiasaan, Sebastian Gunawan menjelaskan, material yang dipilih terdiri dari taffeta, payet, feathers, organdi, brukat, jersey, tulle, dan kuat variatif. "Sekitar empat bulan (pengerjaan koleksi ini)," ucapnya.

Pilihan warnanya juga sangat vibrant antara lain neon, baby blue, gold, lime, hijau, black, purple, kuning, mint, putih, pink, dan light orange.

Dalam presentasi, sequence awal dimanfaatkan untuk menampilkan busana dengan warna-warna cerah yang secara konstan berubah ke pilihan warna lebih lembut, hingga akhirnya ditutup pakaian berwarna netral.

Koleksi persembahan Sebastian Gunawan ini merupakan pembuka gelaran Senayan City Fashion Nation ke-14. Hingga Rabu, 18 Maret 2020, fashion enthusiast akan dimanjakan karya sederet desainer dan koleksi label kenamaan.

Beberapa di antaranya adalah Cotton Ink, Sejauh Mata Memandang, Ria Miranda, TS The Label X Rata, Button Scarves, KAMI, Iwan Tirta, serta talkshow Fimela Lady Boss bersama Dian Sastrowardoyo disambung trunkshow Kalla Studio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.