Sukses

Ayah Ashraf Sinclair Miliki Usaha Marmalade, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta - Suami penyanyi Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair meninggal dunia pada Selasa, 18 Februari 2020 karena serangan jantung. Ashraf mengembuskan napas terakhir di usia 40 tahun.

Semasa hidup, Ashraf kerap membagikan deretan momen bersama orang-orang tercinta, baik sang istri, buah hati, hingga keluarga. Satu di antara potret yang diunggah adalah foto sang ayah, Mohamed Anthony John Sinclair.

Potret yang diunggah pada 8 September 2019 lalu itu menampilkan ayah Ashraf Sinclair tengah berada di sebuah pusat perbelanjaan. Tepat di depannya terdapat deretan jar.

Pak Mat, begitu ayah Ashraf akrab disapa, memiliki usaha membuat marmalade. Melalui kolom keterangan, ayah dari Noah Sinclair sempat menuliskan soal sang ayah.

"Selai Marmalade terbaik ayah! Ayah saya @armalademagician, Anda dapat memanggilnya Pak Mat, memiliki resep selai jeruk ini dan telah membuat selai jeruk sendiri selama bertahun-tahun," tulis Ashraf kala itu.

Ada dua varian marmalade yang dijual oleh ayahanda Ashraf yakni orange marmalade dan grapefruit marmalade. Pada bagian bawah jar terdapat keterangan "An old English recipes a taste of a bygone era" atau resep Inggris kuno dengan rasa zaman dahulu.

Kedua varian marmalade usaha ayah Ashraf Sinclair tersedia secara offline dan online tersebut dijual seharga 20 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp66 ribu.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Marmalade?

Dilansir dari Masterclass, Sabtu (22/2/2020), marmalade atau selai jeruk adalah buah yang diawetkan yang terbuat dari buah jeruk. Buahnya termasuk kulit, direbus dalam air mendidih sampai lunak lalu dimasak dengan gula untuk mengentalkan.

Hasil akhirnya bisa bertekstur ringan atau agar-agar dengan potongan kulit yang lebih besar. Jenis buah terbaik untuk membuat selai adalah jeruk, jeruk bali, jeruk lemon, dan kumquat.

Marmalade menggabungkan manisnya selai dengan kepahitan kulit jeruk yang memberi rasa yang kaya dan kompleks. Di Inggris, selai jeruk dibuat terutama dari jeruk Seville Spanyol, disukai dengan kandungan pektin yang lebih tinggi yang membantu mengawetkan agar tetap konsisten.

Cara membuat marmalade mulai dari didihkan seluruh jeruk dalam air sebelum membuat selai untuk menghilangkan kepahitan dari kulitnya. Didihkan jeruk bersama kulitnya, dan jus lemon kemudian aduk gula dan panaskan sampai selai mencapai titik pengaturan 105 derajat celcius.

Marmalade akan bertahan sama dengan selai dan jeli yaitu sekitar satu tahun bila disimpan dengan benar atau dibuka di lemari es hingga satu bulan. Selain roti bakar, selai dapat sebagai topping untuk oatmeal, sesuai selera.

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pedoman Penerapan New Normal Bagi Restoran Cafe dan Warung Makan