Sukses

Cerita Akhir Pekan: 6 Makanan Vegan yang Tampak Seperti Aslinya

Liputan6.com, Jakarta - Refleksi keberagaman dalam kehidupan dapat terwujud dalam berbagai hal, termasuk pilihan untuk menjadi vegan. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), secara harfiah vegan berarti orang yang tidak makan daging, ikan, produk susu, atau telur.

Dilansir Vegan.com, Jumat, 17 Januari 2020, kata vegan memang awalnya memiliki definisi bebas dari makanan hewani. Namun saat ini, makna vegan diperluas untuk merujuk pada produk-produk non-makanan, seperti pakaian, kosmetik, dan obat-obatan yang dibuat tanpa zat yang berasal dari hewan.

Vegan juga biasanya menentang eksploitasi pada hewan. Sebut saja dari pengujian hewan, kebun binatang, hingga pertunjukan lumba-lumba.

Belakangan juga kian banyak menu-menu vegan yang disajian. Menariknya, menu tersebut dibuat replika santapan yang tampak layaknya yang asli. Lalu, apa saja? Simak rangkumannya seperti dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Telur

Seperti yang diketahui, vegan tidak mengonsumsi makanan hewani. Namun salah satu restoran vegan di Los Angeles, Amerika, Crossroads Kitchen, menyulap telur seperti aslinya.

Dilansir Insider, menu yang terinspirasi Mediterania ini menyuguhkan sajian nabati yang tak disadari. Telur vegan tampak seperti telur aslinya yang terbuat dari resep rahasia.

Meski begitu, telur vegan diolah dari bahan-bahan seperti tomat kuning murni dan garam hitam India. Penambahan tersebut bertujuan untuk memberi aroma dan rasa seperti sulfur yang dikenal cenderung dikaitkan dengan telur asli.

Puree diubah menjadi saus Bearnaise vegan yang mirip dengan Hollandaise lalu dikemas dengan cairan khusus. Tujuan dari restoran ini adalah membuat hidangan nabati dari makanan asli.

2 dari 5 halaman

2. Tuna

Dilansir Food Beast, Jumat, 17 Januari 2020, sebuah perusahaan bernama Good Catch membuat tuna dari campuran kacang-kacangan termasuk kacang polong, chickpea, lentil, dan kacang fava.

Kacang menjadi pengganti yang cerdas karena layaknya ikan, kacang dapat diproses melalui pengalengan dan dijual sebagai produk yang stabil di rak selama berbulan-bulan.

Agar tampak seperti ikan asli, perusahaan ini menambahkan omega-3 dalam bentuk minyak ganggang. Ikan biasanya sumber asam lemak omega-3 yang baik, jadi dengan menyantap dalam versi nabati, berarti Anda tidak akan kehilangan manfaat nutrisi utama tersebut.

 
3 dari 5 halaman

3. Kerang Kipas

Ajang penghargaan Golden Globes 2020 menyajikan menu tanpa daging. Gelaran tahunan ini diselenggarakan di The Beverly Hilton, Beverly Hills, California, Amerika Serikat, 5 Januari 2020 lalu.

Dilansir AP News, Jumat, 17 Januari 2020, para tamu disuguhkan makanan nabati 100 persen. Hidangan utama termasuk kerang kipas dari jamur king oyster dan risotto jamur liar.

Sajian tersebut juga disuguhkan bersama roasted baby purple dan green Brussels sprouts, serta wortel. Sementara, sup golden beet dingin dihadirkan sebagai hidangan pembuka.

4. Steak Panggang

Dilansir Metro, Jumat, 17 Januari 2020, salah satu toko roti terbesar di Inggris, Greggs, resmi memperkenalkan menu steak bake atau steak panggang vegan. Sajian di restoran ini sangat mirip dengan steak panggang umumnya, namun produksi mereka vegan.

Berdasarkan situs Greggs, steak panggang vegan mereka dikembangkan dalam kemitraan dengan Quorn, bahan masakan sebagai bahan masakan dan pengganti daging yang digunakan dalam berbagai makanan kemasan.

Sajian ini juga berisi potongan-potongan mycoprotein, bawang yang dipotong dadu, dan saus yang dibungkus 96 lapis puff pastry.

4 dari 5 halaman

5. Fish and Chips

Sebuah restoran di London, Inggris bernama Sutton and Sons menyuguhkan deretan sajian seafood vegan yang tampak seperti aslinya. Restoran ini dimiliki oleh Daniel Sutton.

Dilansir Reuters, Jumat, 17 Januari 2020, restoran ini menghadirkan menu vegan seperti fish and chips, scampi dan koktail udang. Di restorannya terdapat peringatan yang berbunyi, "There's no fish in our fish," atau yang berarti tak ada ikan di dalam 'ikan' sajian mereka.

Ikan vegan terbuat dari bunga pisang yang direndam dalam rumput laut dan tanaman laut samphire untuk memberikan rasa ikan, kemudian digoreng. Udang vegan terbuat dari tepung kentang Jepang yang dihancurkan dan disajikan sebagai scampi.

6. Ayam Goreng

Biff's Jack Shack, sebuah restoran vegan di London, Inggris memiliki beragam menu vegan yang terlihat seperti aslinya. Salah satu menu andalan mereka adalah ayam goreng vegan.

Sajian tersebut terbuat dari nangka yang dicelupkan ke dalam remah roti panko lalu digoreng. Tampilannya pun menyerupai sayap ayam, namun vegan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Aktris Hollywood Putuskan Jadi Vegan karena Pidato Joaquin Phoenix di Oscar 2020
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: PDKT Zaman Dulu dan Sekarang