Sukses

Viral Video Es Batu Bisa Angkat Minyak Berlebih di Kuah Hot Pot

Minyak berlebih serta lemak di kuah hot pot tersebut tampak seketika terangkat ketika es batu dicelupkan.

Liputan6.com, Jakarta - Ucapkan selamat tinggal pada minyak berlebih di kuah hot pot! Masalah ini sudah sering dihadapi, tapi Anda masih bingung bagaimana mengatasinya? 

Life heck sebuah video yang belakangan viral di media sosial ini boleh dicoba. Lewat sebuah video yang viral di dunia maya, tampak seorang lelaki mengambil minyak berlebih di kuah hot pot yang tampak sangat pedas menggunakan es batu.

Tampak di sana, es batu dicelupkan, lalu minyak yang sudah beku pun terangkat. Minyak beku kemudian disisihkan menggunakan sendok dan proses tersebut kembali diulang sampai beberapa kali.

Minyak beku yang terangkat dalam rekam gambar berdurasi 18 detik itu tampak berwarna oranye dengan bentuk menyerupai bagian bawah potongan es batu.

Melihatnya, banyak warganet yang terkagum dan mengatakan berniat mencobanya. "Ayah saya pernah memberi tahu cara ini, tapi saya tak percaya. Sepertinya saya harus pulang dan meminta maaf," tulis salah satu pengguna Twitter.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lain Es Batu

Bukan penemuan baru sebenarnya, melansir dari Mashable, Kamis, 9 Januari 2020, es batu memang sudah acap kali dimanfaatkan untuk mengangkat minyak maupun lemak di sup. Syaratnya, kuahnya sudah hangat, bukan panas.

Caranya seperti yang terlihat di video. Celupkan untuk beberapa saat, minyak dan lemak seketika akan menempel dalam wujud beku di es batu.

Di samping, es batu ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghangatkan kembali nasi. Caranya, letakkan es batu dalam ukuran tak terlalu besar di tengah nasi dan bungkus seluruh wadahnya dengan plastik, bolongkan beberapa bagian menggunakan garpu.

Proses menghangatkan ini lebih efektif menggunakan microwave. Es batu pun bisa dimanfaatkan untuk mengentalkan saus salad dalam waktu cukup singkat. Cukup biarkan satu potongan es batu cair di saus tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.