Sukses

Rajin Bersepeda, Rahasia Aa Gym Tetap Bugar di Usia 57 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah seorang tokoh agama di Indonesia dan sering tampil di televisi, KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym selalu terlihat rapi dan gagah.

Meski usianya semakin bertambah, tubuhnya tetap bugar dan proporsional serta tidak terlihat membuncit. Tentunya itu tak terjadi begitu saja.

Ayah tujuh anak ini termasuk rajin berolahraga. Hal itu bisa diketahui dari unggahannya di media sosial. Aa Gym terlihat beberapa kali mengunggah foto dirinya sedang berlatih olahraga berkuda dan memanah.

Kegiatan berkuda dan memanah tersebut dilakukannya untuk menjaga kondisi tubuh sekaligus menjalani gaya hidup sehat. Bahkan pernah beredar video Aa Gym sedang melakukan lomba push-up bersama tiga orang pria.

Namun belakangan ini, Aa Gym sepertinya lebih sering berolahraga sepeda atau gowes. Dalam unggahan video di akun Instagramnya pada 7 Desember 2019, Aa Gym terlihat sedang gowes bersama beberapa santri di pesanten miliknya, Darut Tauhid, di akhir pekan.

"Bersepeda untuk ibadah. Semoga semakin sehat semakin taat dan semakin bermanfaat@bikeforibadah," tulisnya dalam keterangan foto.

Dalam video tersebut, Aa Gym mengatakan bahwa semua santri yang berkarya di Darut Tauhid akan diupayakan pada 2020 berolahraga sepeda, kecuali yang sudah uzur.

2 dari 3 halaman

Sampai ke Australia

Ini untuk menjaga kesehatan, bebas polusi, hemat energi dan membahagiakan. Karena kalau bersepeda dilakukan dengan ikhlas akan membahagiakan, menyehatkan dan meningkatkan produktivitas, Insya Allah oksigen yang banyak ini membuat ibadah kita jadi kuat,” tuturnya dalam video tersebut.

Unggahan tersebut banyak mendapat tanggapan positif dari warganet. “Masyaallah aa' semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah, tetap menginspirasi,” tulis akun @yunita_si.

"Widihhh teryata guru @aagym seorang #goweser jg.....hebat sehat trus guruku 👍👍" komentar akun @ayahrakha20.

Sebelumnya, Aa Gym juga sempat membagikan video sedang naik sepeda di Australia. "Jogging dan sepeda tracking di salah satu bagian sungai Swan di kota Perth," tulisnya dalam unggahannya pada 18 Oktober 2019.

Rutin dan rajin berolahraga sepertinya membuat Aa Gym tetap sehat dan bugar di usia 57 tahun.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading