Sukses

Awas Ngiler, 6 Batagor Bandung Terpopuler yang Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta - Bandung tenar dengan beragam kuliner yang memanjakan lidah. Salah satu menu khasnya adalah batagor yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng.

Sesuai namanya, bahan utama batagor adalah tahu yang dilapisi adonan tepung dan ikan tenggiri. Selanjutnya, bahan itu digoreng.

Meskipun batagor dapat ditemukan di berbagai daerah, tetapi sensasinya akan berbeda jika langsung mencicipi dari daerah asalnya. Berikut enam batagor terpopuler di Bandung yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Batagor Riri

Mulai berjualan sejak 1985, Batagor Riri terkenal akan rasa ikan tenggirinya yang kuat dan lezat. Bumbu kacang yang pedas manis membuat batagor ini semakin menggugah untuk disantap.

Selain batagor, kedai ini pun menyediakan siomay dan batagor kuah. Pengunjung cukup mengeluarkan uang Rp10 ribu--Rp25 ribu.

Untuk Anda yang penasaran dengan rasanya bisa berkunjung ke Jalan Burangrang No.41, Malabar, Kecamatan Lengkong, Bandung. Batagor Riri buka setiap hari pada pukul 08.00--20.00 WIB.

2. Batagor Haji Isan

Bisa dikatakan Batagor Haji Isan merupakan pencetus dari batagor yang beredar saat ini. Batagor ini sudah ada sejak 1960-an. Kedainya terletak di Jalan Bojongloa No. 38, Panjunan, Astanaanyar, Bandung.

Batagor Haji Isan terkenal akan kulit batagornya yang kering namun bagian dalamnya terasa lembut. Tak ketinggalan, aroma ikan tenggirinya pun membuat pengunjung tergoda untuk segera menikmatinya.

Tidak hanya menawarkan batagor dengan bumbu kacang, di sini pun tersedia menu batagor kuah. Untuk menikmati sajian ini, pengunjung cukup mengeluarkan uang sebesar Rp2.500 per buah.

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

3. Batagor Haji Yunus

Sama dengan Batagor Riri dan Batagor Haji Isan, Batagor Haji Yunus pun merupakan salah satu batagor legendaris yang berdiri sejak 1971. Meskipun merupakan makanan legendaris, Batagor Haji Yunus terhitung bersahabat di kantong. Harga sebuah batagor hanya Rp4.000 saja.

Selain menyediakan batagor, di sana pun terdapat menu lainnya seperti bakso, mi yamin, dan bihun bakso kuah. Minuman yang ditawarkan pun cukup beraneka ragam.

Kedai batagor ini terletak di Jalan KH. Wahid Hasyim N0. 68, Babakan Asih, Bojongloa Kaler, Bandung. Anda dapat berkunjung pada pukul 06.00 - 21.00 WIB.

4. Batagor Kingsley

Berlokasi di Jalan Veteran No. 25, Pisang, Kecamatan Sumur, Bandung, Batagor Kingsley menjadi salah satu kedai yang recommended.

Kedai ini menyediakan berbagai menu, di antaranya batagor goreng, batagor kuah, dan siomay. Namun, yang paling populer tentunya batagor gorengnya. Untuk menyantap jajanan yang satu ini, pengunjung cukup mengelurkan uang Rp20.000 per porsi. Kedai ini buka setiap hari, kecuali Kamis, pada pukul 08.00- 20.00 WIB.

3 dari 4 halaman

5. Batagor Serayu dan Cuanki

Meskipun menyediakan menu cuanki, batagor Serayu pun tidak kalah lezat. Dalam satu porsi terdiri dari tahu, siomay kering, pangsit, dan tahu goreng. Dengan dilumuri bumbu kacang di atasnya, sajian ini bercita rasa gurih, manis, dan pedas.

Anda dapat berkunjung ke Jalan Serayu No. 02, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung. Batagor Serayu ini buka pada pukul 11.00-19.00 WIB. Jika akan berkunjung ke sana, Anda harus mempersiapkan diri sebab kedai ini selalu ramai oleh pengunjung.

6. Batagor Abuy

Jika dilihat dari tahun berdirinya, yaitu 1983, Batagor Abuy pun merupakan salah satu yang legendaris. Kedainya terletak di Jalan Lengkong Besar No. 47, Paledang, Lengkong, Bandung. Kedai ini buka pada pukul 15.30- 22.00 WIB.

Batagor ini berukuran cukup besar. Namun, harga yang ditawarkan cukup bersahabat di kantong yaitu Rp9.000 per buah. Cita rasa yang ditawarkan oleh batagor ini cenderung gurih dan memiliki bumbu yang manis.

Itulah beberapa sajian batagor populer yang ada di Bandung. Jadi, batagor apa yang menjadi favorit Anda? (Tri Ayu Lutfiani)

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading