Sukses

3 Tempat Kuliner Rekomendasi Jokowi di Bogor

Liputan6.com, Jakarta - Video tentang tempat-tempat kuliner biasanya menarik minat banyak orang untuk melihat. Apalagi, kalau video itu dibuat oleh seorang presiden seperti Jokowi.

Pria asal Solo ini memang gemar membuat video atau vlog tentang berbagai hal yang dianggap menarik olehnya, termasuk soal kuliner. Setelah sukses dengan video kuliner Solo, yang menarik banyak perhatian, Jokowi kini menunjukkan kuliner langganannya di Bogor.

Lewat video berdurasi sekitar 10 menit yang diunggah di akun Youtube-nya ini menampilkan tiga kuliner yang jadi favorit Jokowi di Bogor., Jawa Barat. Ada martabak, bakso, sate Tegal hingga aneka hidangan khas Sunda. Vlog #kulinerjokowi ini sukses menarik perhatian warganet.

"Sudah lima tahun ini Saya dan keluarga bermukim di Bogor, kota hujan dengan kebun raya luas, dan kian berkembang jadi kota besar. Salah satu yang menyenangkan dari kota ini adalah makanannya," tulis keterangan pada video yang diunggah pada 21 November 2019. Berikut tiga tempat kuliner favorit Jokowi di Bogor.

Martabak dan Bakso Kiki

Kalau dilihat dari video yang diunggah Jokkowi tersebut, ada tempat yang pernah disambangi langsung oleh Jokowi tapi ada juga yang diundang ke Istana Bogor untuk menjamu para tamu sang presiden.

Salah satunya adalah Martabak dan Bakso Kiki yang berlokasi di Jalan Pahlawan, Bogor. Sang pemilik, Kiki Sanjaya mengatakan pernah beberapa kali diundang untuk menyajikan makanan di Istana Bogor.

"Saya pernah diundang untuk rapat kabinet. Udah berapa kali Saya ngelayani, sama Pak Jokowi langsung. Beliau pilih sendiri, Saya mau ini, mau ini. Jadi jalan bareng, deketin, makan, nyoba," ucap Kiki..

Kiki mengatakan selalu berusaha menjaga produk makanannya. Untuk produk martabak, Kiki menjamin semua bahannya segar dan berkualitas. Sedangkan untuk produk bakso, Kiki selalu memastikan daging sapi yang digunakan adalah daging segar agar baksonya enak dan bikin nagih.

Menu andalan di kedai favorit Jokowi ini cukup beragam. Untuk martabaknya, ada martabak manis dan martabak telur. Lalu, ada martabak manis kekinian dengan ragam topping ala pizza.

2 dari 4 halaman

Restoran Kluwih

Restoran yang berlokasi di Jalan Bina Marga, Bogor ini mengusung tema ‘Sunda Authentic’ ini ternyata mampu membuat Jokowi dan keluarganya ketagihan.

Menurut Yeksha Buana Alam, manager operasional Kluwih, ia dan semua pegawai sempat kaget waktu mendapat reservasi dari orang nomor satu Indonesia.

Saat itu, Jokowi dan keluarga menyantap aneka makanan khas Sunda. Dalam catatan Yeksha, Jokowi sudah empat kali menyambangi Kluwih.

Menu favoritnya sederhana saja yaitu ayam goreng, tempe, tahu, lalapan dan sambal. Sementara minumannya, Jokowi paling suka minum es tape kluwih yang manis dan segar.

Kluwih sendiri punya menu andalan yang paling banyak dicari yakni liwetan. Gaya makan dengan alas daun pisang ini jadi tradisi Sunda yang tak lekang oleh waktu.

3 dari 4 halaman

Sate Tegal Laka-Laka

Tempat makan ini punya nama cukup unik. Laka-laka dalam bahasa Tegal berarti tak ada duanya. Sang pemilik, Sunarto yang menyajikan sate kambing dan sate sapi, mengatakan rahasia kelezatan satainya adalah daging kambing muda dan daging sapi bagian tenderloin.

"Sate yang enak itu yang tampilannya bagus, rasanya bagus, aromanya bagus. Itu kena semua itu," terang Sunarto. Sate di kedai Sunarto ini juga pernah masuk Istana Bogor karena diundang untuk menyuguhkan makanan saat ada acara.

Sate Tegal racikan Sunarto ini berhasil memanjakan lidah Jokowi. Suanrto pun hafal soal selera Jokowi dan Iriana. "Kalau Pak Jokowi itu suka sate kambing yang pakai lemak, lebih wangi katanya. Kalau ibu favoritnya tengkleng," ucap Sunarto.

Sunarto berharap suatu hari nanti agar warungnya bisa disambangi Presiden Jokowi. "Kami berharap nanti Bapak Jokowi, Ibu Iriana dan keluarga bisa kunjung langsung ke Laka-Laka," kata Sunarto.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi Tolak Usulan Jabatan Presiden 3 Periode, Demokrat Berterimakasih
Artikel Selanjutnya
Ketum ProJo: Jangankan 3 Periode, Jokowi 5 Periode Juga Kita Mau