Sukses

Kulit Bermasalah? Extra Virgin Olive Oil Bisa Jadi Solusi Ampuh!

Perawatan kulit bermasalah yang simpel salah satunya adalah mengonsumsi dan menggunakan EVOO secara rutin.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang baik pria maupun wanita tentu ingin memiliki kulit wajah yang sehat, cerah dan bebas masalah. Namun, pola hidup yang kurang teratur membuat kulit tak semulus yang dibayangkan. Belum lagi paparan sinar matahari yang menyengat dan polusi udara yang harus dihadapi hampir setiap hari. Menyebabkan banyak masalah kulit mulai dari jerawat, kulit kering/berminyak, kusam, hingga bintik-bintik hitam yang membuat kepercayaan diri menurun.

Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, kebanyakan dari mereka melakukan perawatan dengan menggunakan produk kecantikan, konsumsi vitamin hingga pergi ke salon kecantikan yang mengeluarkan biaya mahal serta menyita waktu. Padahal ada jenis perawatan yang lebih simpel, salah satunya adalah mengonsumsi dan menggunakan Extra Virgin Olive Oil (EVOO) secara rutin.

Kenapa harus EVOO?

Olive oil atau minyak zaitun adalah jenis minyak yang berasal dari buah zaitun (Olea europaea). Biasa digunakan sebagai bahan memasak sehat karena kaya asam lemak tak jenuh, antioksidan tinggi, dan vitamin yang bermanfaat untuk melindungi kolesterol dalam darah dan menurunkan penyakit jantung.  Selain baik untuk kesehatan, olive oil juga dapat mempercantik diri dan mengatasi masalah kulit yang umumnya dialami masyarakat.

Di antara jenis olive oil yang dapat dikonsumsi tubuh secara langsung dan mendapatkan manfaat lebih besar jika diaplikasikan pada kulit bermasalah adalah EVOO. Ini jenis minyak zaitun paling berkualitas, pasalnya minyak zaitun jenis ini melewati sangat sedikit berbagai proses pengolahan pabrikan, bahkan mungkin tidak sama sekali, jadi molekul rasa dan aromanya tetap utuh atau murni.

EVOO dihasilkan dari proses cold pressing satu kali ekstraksi buah zaitun. Berbanding terbalik dari proses pembuatan minyak zaitun biasa yang mengandalkan panas, cold pressing tak menggunakan suhu panas melainkan tekanan untuk memproses minyak tersebut. Proses ini tidak melibatkan panas dan bahan-bahan kimia. Oleh karena itu, kualitas minyaknya lebih murni, berkelas tinggi, mengandung antioksidan, vitamin K dan E komplit paling banyak dibandingkan dengan minyak zaitun jenis lainnya. Selain itu, kandungan lemak baik yang sehat untuk tubuh lebih banyak ditemukan dalam EVOO.

Manfaat dan cara menggunakan EVOO

Dirangkum dari berbagai sumber, EVOO bisa menjadi solusi ampuh untuk mengatasi dan mengobati berbagai penyakit dan masalah kesehatan termasuk kulit. Baik dengan cara dioleskan pada kulit maupun diminum secara langsung.

1. Sembuhkan jerawat

Kandungan vitamin E yang tinggi dan antibakteri minyak zaitun  mampu menyembuhkan jerawat dan menghindarikan kulit dari infeksi bakteri. Antioksidan dalam minyak zaitun yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh serta mencegah segala macam jenis infeksi yang biasa terjadi saat jerawatan.

Cara mengatasi jerawat dengan minyak zaitun cukup dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke wajah yang berjerawat, lalu dipijat perlahan selama 5 menit, dan pijat dengan agak kencang selama 10 menit, diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu cuci muka dengan air hangat dan lap dengan handuk kering.

2. Atasi kulit kering

 

EVOO dapat mengatasi kulit kering karena dapat menggantikan fungsi body lotion. Dengan menggunakan minyak zaitun pada seluruh tubuh, kamu akan memiliki kulit dengan kelembapan yang baik dan tidak perlu khawatir terhadap serangan radikal bebas. 

Cara memakainya sama seperti kamu saat pakai body lotion saja, hal ini bisa kamu lakukan secara rutin, minyak zaitun yang alami malah dipercaya lebih baik bagi kesehatan kulit ketimbang body lotion.

3. Mengencangkan kulit wajah

Kandungan zat linoleic acid yang dimiliki, EVOO dapat membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, membuat kulit wajah lebih kencang sehingga dapat menghindari timbulnya keriput pada usia dini.

Cara mengencangkan kulit dengan minyak zaitun ini membutuhkan madu sebagai campurannya. Campurkan minyak zaitun dan madu lalu dijadikan masker, setelah mengering, lakukan pijatan sebentar, lalu cuci muka dengan air hangat.

4. Mengecilkan pori-pori wajah

Selain dapat mengencangkan kulit, EVOO memiliki menfaat besar untuk mengecilkan pori-pori dan mengatasi kulit berminyak karena pori-pori yang besar.  Caranya adalah mengoleskan minyak zaitun di area-area tertentu wajah kamu yang mengalami masalah pori-pori besar dan berminyak. Lebih dari itu, EVOO juga dapat menghaluskan dan memutihkan wajah, mencerahkan bibir hitam, menyamarkan stretchmark dan masih banyak lagi manfaat lain untuk kulit dan tubuh.

Penggunaan EVOO dengan cara dioleskan secara langsung merupakan perawatan secara langsung dari luar, namun cara lainnya EVOO juga dapat dikonsumsi secara rutin. Mengkonsumsi EVOO 2 sendok makan setiap hari membantu menjaga kesehatan kulit kamu dari dalam dengan kandungan antioksidan dan vitamin E yang tinggi.

Selain untuk menjaga kesehatan kulit dari luar dan dari dalam, mengkonsumsi EVOO secara rutin juga akan membawa banyak manfaat sekaligus untuk tubuh kamu, lho! Diantaranya:

A. Mengkonsumsi EVOO setiap pagi hari di saat keadaan perut kosong dapat membantu menurunkan berat badan

B. Menjaga kesehatan jantung kamu, karena olive oil merupakan minyak yang sangat ramah jantung

C. Menjaga tekanan darah untuk penderita darah tinggi.

Dan masih banyak manfaat lain nya yang bisa kamu rasakan sendiri dengan mengkonsumsi EVOO secara rutin.

Membedakan Olive Oil berdasarkan manfaatnya

EVOO

EVOO memiliki warna kuning kehijauan yang pekat dan juga kental, aroma serta rasa yang jauh lebih tajam jika di bandingkan dengan varian olive oil lainnya. Hal ini di sebabkan karena EVOO tidak melalui banyak proses sehingga rasa alami dari buah zaitunnya tetap terjaga.

Kemasan EVOO juga di design khusus dengan botol berwarna lebih gelap dengan tujuan meminimalisir cahaya dan juga meminimalisir proses oksidasi agar produk tetap terjaga dari segi rasa dan kualitas.

EVOO dapat di konsumsi langsung, di oleskan, untuk memasak dengan suhu rendah dan salad dressing.

Classic Olive Oil

Dapat digunakan untuk memasak sehari hari, memiliki aroma dan rasa yang lebih lembut di bandingkan dengan EVOO, memiliki warna yang lebih terang di banding EVOO, cocok untuk salad dressing.

Extra Light Olive Oil

Dapat digunakan untuk memasak sehari-hari termasuk menggoreng, memiliki rasa dan aroma yang sangat lembut, menjaga rasa masakan tetap orisinil (Tidak mengubah aroma dan rasa).

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini