Sukses

Jaga Kebugaran Tubuh, Jokowi Minum Jamu Tiap Pagi

Jokowi mengungkapkan rahasia bugarnya selama ini dengan meminum jamu setiap pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata memiliki satu hal yang tidak boleh dilewatkan sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Adalah rutinitasnya meminum jamu.

Jokowi membagikan rahasia kebugaran tubuhnya dengan minum jamu melalui sebuah video singkat yang diunggah di akun Instagram @jokowi pada hari ini, Selasa (23/7/2019).

"Pagi hari ini saya akan memulai aktivitas kantor, tapi ini masih di rumah, di Istana Bogor. Biasanya saya kalau pagi itu sebelum beraktivitas minum jamu," kata Jokowi dalam video.

Ayah tiga anak ini juga menyampaikan ramuan yang terkandung dalam jamu yang biasanya ia minum. "Jamu ini adalah jamu dari campuran temulawak, jahe, kunyit, jadi jahe ditumbuk atau dirajang-rajang, temulawak ditumbuk dirajang-rajang, kunyit," lanjutnya.

Ramuan tersebut lantas diseduh dengan air panas, disaring, lalu baru diminum. Ternyata, Jokowi telah melakukan aktivitas pagi hari ini selama belasan tahun hingga kini.

"Saya sudah saya minum mungkin 17--18 tahun yang lalu sampai sekarang," ungkap suami Iriana ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Khasiat Minum Jamu

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Jokowi pun merasakan khasiat baik dari minum jamu setiap pagi sebelum beraktivitas. "Saya rasakan memberikan manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh," katanya.

Sebelum mengakhir video, Jokowi menyodorkan gelasnya ke kamera. "Ingin mencoba? Ya dibuat sendiri," tutupnya sembari meminum racikan jamu yang jadi rahasia bugarnya.

Unggahan Jokowi tersebut sukses mencuri atensi khalayak luas. Sejak dibagikan pagi tadi, video singkat ini telah ditonton lebih dari 1,6 juta kali dan kolom komentar dibanjiri beragam tanggapan.

"Tempat minumnya Indonesia banget," tulis akun fauziels. "Pake gula gak tuh pakde," tanya akun herudc13.

"Selamat pagi Presidenku @jokowi Saya juga sering minum jamu pakde sejak dari muda," tambah akun erlita_1011.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.