Sukses

Cara Atasi Mual Setelah Makan Makanan Lebaran yang Serba Santan

Mulai dari opor sampai sayur godok, Lebaran di Indonesia hampir selalu tentang makan makanan bersantan.

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara momen kumpul keluarga di waktu Lebaran tentu tak lepas dari ragam makanan yang tersaji. Kuliner serba santan sepertinya sudah sangat sulit dilepaskan dari tradisi Hari Raya.

Enak ketika disantap, sajian ini tak jarang meninggalkan rasa mual setelahnya. Mengatasi serangan kurang mengenakkan tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti dilansir dari Medical News Today, Kamis (6/6/2019).

Minum Air Jahe

Rasa pedas nan menghangatkan yang dihantarkan jahe dipercaya bisa secara cepat mengatasi rasa mual karena konsumsi santan. Jika tak berani, air jahe ini bisa disajikan bersama teh. Pilih saja mana yang paling sesuai dengan Anda. Disarankan bahkan langsung menggigit jahe untuk mengatasi rasa mual.

Perbanyak Minum Air Mineral

Jangan yang dingin maupun hangat, pilih air mineral suhu ruang untuk mengatasi rasa mual. Konsumsi sampai beberapa gelas dan jangan lupa beri jeda di antaranya. Tunggu beberapa saat dan mual yang dirasakan dipercaya hilang karena mengonsumsi cukup air mineral.

Hindari Makanan Pedas

Walau menggoda, makanan pedas tak disarankan untuk mengatasi rasa mual setelah makan makanan serba santan saat Lebaran. Sebagai ganti, Anda malah disarankan makan makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resep Peppermint

Hirup Aromaterapi Peppermint

Jika belum berani mengonsumsi apapun, Anda disarankan untuk menghirup pepermint aromatherapy. Anda bisa langsung mengendus atau menaruhnya di difuser. Ambil napas dalam-dalam untuk mengatasi rasa mual yang menyerang.

Konsumsi Seiris Lemon

Lemon yang mengantarkan rasa asam dipercaya bisa menghilangkan mual. Anda tinggal mencampurnya dengan teh atau dijadikan infused water. Bisa juga dengan langsung menggigit dan merasakan sensasi asam yang dihantarkan.

Kayu Manis

Kayu manis jadi salah satu rempah yang dipercaya bisa menghilangkan rasa mual. Anda bisa mengonsumsinya lewat biskuit atau makanan ringan lain yang dominan memakai kayu manis sebagai bahan baku. Beberapa minuman dengan kandungan ini juga dipercaya punya khasiat yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.