Sukses

Ridwan Kamil dan Orang-Orang Suku Maasai Kenya Kompak Pakai Sarung

Ridwan Kamil menyebut Suku Maasai punya kesamaan budaya sarungan dengan Indonesia. Apa yang membedakannya?

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikenal sebagai salah satu pesohor negeri yang aktif di media sosial. Melalui unggahan di Instagram pribadi, ayah dua anak ini terlihat berpose bareng orang-orang Suku Maasai di Kenya, Afrika Timur.

Kedatangan Ridwan Kamil ke Kenya bukan tanpa alasan. Melansir Antara, Jumat (31/5/2019), ia menjadi pembicara pada 1st United Nations (UN)-Habitat Assembly di Nairobi, Kenya, Senin, 27 Mei 2019, waktu setempat.

Kala itu, suami Atalia Praratya ini menyampaikan berbagai inovasi dan kolaborasi yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam pembangunan dan peningkatan kualitas hidup di perkotaan.

Pada kesempatan itu pula, Ridwan Kamil juga mengabadikan kebersamaan saat berjumpa dengan Suku Maasai. Ia tampil dalam balutan kemeja lengan panjang kotak-kotak dipadu celana panjang warna khaki, ikat pinggang hitam, serta topi warna senada.

Berada di tengah, Ridwan Kamil dikeliling orang-orang Suku Maasai yang mengenakan hiasan kepala dan aksesori lain khas wilayah setempat. Yang tak kalah menarik, mereka juga mengenakan sarung baik dililitkan sebagai atasan dan bawahan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dalam Balutan Sarung Warna-warni

Tak hanya orang-orang Suku Maasai, Ridwan Kamil pun ikut mengenakan sarung bermotif plaid warna oranye. Dalam potret yang diunggahnya, Ridwan memakai sarung tersebut dengan diikat di pundak kanan dan memakai kalung berlapis.

Sementara, sarung warna-warni dengan ragam paduan warna seperti oranye hijau, merah muda, merah, hingga biru tampak dari yang dikenakan oleh orang-orang Suku Maasai.

"Sebelum pulang, reuni dulu di Wakanda, bertemu Osas no 1 sd Osas no 6. Suku Maasai di Kenya ini ternyata punya budaya sarungan seperti santri di Indonesia. Bedanya, sarungnya lebih sering dipakai untuk selimut. Tariannya unik dan simpel, cuman lompat-lompat ala Pocong." tulisnya di kolom keterangan.

Masih dalam balutan sarung, di potret terakhir di unggahan itu, Ridwan Kamil dibantu orang Suku Maasai memegang syal tim sepak bola Persib Bandung sembari mengacungkan jempol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.