Sukses

Cara Tepat Menyimpan Udang di Dalam Kulkas

Liputan6.com, Jakarta - Makanan laut (seafood) banyak digemari oleh masyarakat di dunia, tak terkecuali di Indonesia, salah satunya udang. Selain kaya protein, udang juga bisa dengan mudah didapat.

Membeli udang dalam keadaan segar tentu menjadi kriteria utama. Namun, jangan sampai kesegaran udang lenyap begitu saja hanya karena tak tahu bagaimana cara menyimpan udang dengan baik.

Sebenarnya, udang mudah sekali busuk atau tak segar lagi jika dibiarkan di suhu ruangan. Apalagi, di udara bebas yang hangat dan lembap.

Oleh karena itu, setelah membeli udang lebih baik segera ditaruh di dalam wadah tertutup dan disimpan di dalam freezer. Ruangan kulkas biasa hanya akan memperlambat proses pembusukan, tapi tak secara efisien bisa meningkatkan lama penyimpanan udang segar.

Dilansir dari Still Tasty, Kamis, 14 Maret 2019, udang bisa tahan 3-6 bulan lamanya dalam keadaan beku. Jadi, lebih baik segera simpan udang segar yang tidak segera dimasak ke dalam freezer.

Menyimpan udang dalam wadah tertutup di dalam freezer akan mencegah kontaminasi udara dan menghambat kontaminasi bakteri. Jika ingin mengolah udang, tinggal mengeluarkan udang secukupnya dari freezer, cairkan dan siap diolah sesuai selera.

Apakah udang harus disimpan dalam keadaan sudah dibersihkan atau tidak? Semua itu tergantung pilihan masing-masing. Jika lebih suka membersihkan udang terlebih dulu, itu bisa dilakukan. Namun, kalau langsung menyimpannya pun tak masalah.

Lebih baik lagi jika paling tidak dicuci sebentar, sebelum menyimpannya di wadah bersih di freezer. Udang bisa dibersihkan lebih lanjut ketika ingin diolah saja.

Untuk mengetahui udang masih dalam kondisi segar atau tidak bisa dilihat dari teksturnya, udang yang segar memiliki tubuh padat, tak lembek, dan berair. Selain itu, jika udah masih segar baunya pun tak menyengat. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pesan Kartika Affandi untuk Perempuan Indonesia
Loading