Sukses

Mengenal 3 Museum di Kota Bharu, Tempat Kelahiran Sultan Muhammad V

Kota Bharu tempat kelahiran Sultan Muhammad V memiliki banyak destinasi wisata, seperti museum.

Liputan6.com, Jakarta – Usai menikah dengan Miss Moskow 2015, Oksana Veovodina, pada 23 November 2018 lalu, Raja Malaysia Sultan Muhammad V kembali bikin kejutan. Pria kelahiran 6 Oktober 1969 lahir di Kota Bharu, Kelantan, Malaysia, ramai dibicarakan turun takhta.

Kota Bharu merupakan ibu kota Kelantan. Kota tersebut merupakan salah satu dari 10 daerah administrasi negeri Kelantan.

Bagi banyak orang Indonesia, Kota Bharu terbilang jarang dikenal ketimbang Kelantan dan Malaysia. Namun, kota kelahiran sang Raja Malaysia itu memiliki sejumlah lokasi wisata menarik, seperti beragam museum.

Museum Kraftangan

Dilansir dari muzium.kelantan.gov.my.com, Selasa, 7 Januari 2018, museum ini terletak pada bangunan Kompleks Kampung Kraftangan yang terkenal sejak turun-temurun. Di tempat ini pengunjung bisa melihat beragam jenis batik, tenun songket, barangan perak, anyaman, dan juga ukiran kayu.

Museum Diraja Istana Batu

Museum ini terletak di Kota Bharu dan dikenal sebagai museum yang sangat bersejarah dan menjadi daya tari pelancong untuk mengenal lebih dekat tentang keluarga DiRaja.

Istana ini didirikan pada 1939, pada zaman pemerintahan Sultan Ismail Ibni almarhum Sultan Muhammad Ke-IV. Terdapat banyak artefak dan barang-barang peninggalan Raja dan Permaisuri.

Kawasan ini dikenali sebagai zona budyaa yang meliputi bangunan-bangunan bersejarah yang lain. Museum ini berdekatan dengan Pasar Siti Khadijah dan Bazar Buluh Kubu.

Museum Kelantan

Museum ini terletak di Kota Bharu, Kelantan. Museum ini didirikan di bekas gedung Dewan Kota Kota Bharu. Pada 1988, interior bangunan direnovasi dengan menambahkan setengah lantai tambahan dan ruang untuk pameran museum. Museum ini kemudian dibuka kembali pada 6 Agustus 1990 oleh Kelantan Sultan Ismail Petra.

Dilansir dari malaysia.panduanwisata.id, Selasa, 8 Januari 2019, Museum Kelantan ini banyak artefak yang berkaitan dengan kerajinan dan kesenian Kelantan. Selain itu, tersimpan artefak tentang seni keramik yang banyak menceritakan menyoal hubungan perdagangan antara Kelantan dengan China.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.