Sukses

7 Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Bahan Alami, Mudah dan Murah

Banyak hal yang menyebabkan rambut rontok.

Liputan6.com, Jakarta Rambut merupakan mahkota yang harus dijaga kesehatannya. Pasalnya, rambut yang lembut, indah, dan subur menjadi impian semua orang. Tetapi mahkota yang sehat tak didapat dengan cara instan. Oleh sebab itu setiap orang wajib tahu cara merawat rambut.

Salah perawatan dan penanganan, justru akan membuat rambut menjadi rusak hingga rontok. Sebenarnya, banyak hal yang menyebabkan rambut rontok. Di antaranya adalah terlalu sering terkena sinar matahari, polusi, efek styling rambut, stres, pola makan, dan lain hal sebagainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Tips cara merawat rambut rontok

1. Memilih Sampo yang Menutrisi

Rambut rontok disebabkan karena kondisi rambut dan kulit kepala yang kurang ternutrisi. Oleh karena itu, diperlukan sampo yang menutrisi seperti Pantene Shampo Perawatan Rambut Rontok agar rambut kuat dan terawat dari akar hingga unjung rambut. Karena sampo ini mengandung teknologi Keratin Damage Blockers yang membantu mencegah kerusakan akibat rambut patah. Dengan penggunaan rutin, rambut rontokmu bisa berkurang hingga 98% loh!

2. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Biasanya rambut rontok memiliki kondisi akar rambut yang rapuh. Saat rambut terlalu kencang diikat, maka akan ada efek rambut yang tertarik dan membuatnya patah bahkan gugur. Jadi pastikan untuk mengikat rambut secara longgar agar rambut tidak rontok.

 

3. Jangan gunakan alat styling terlalu panas

Rata-rata alat styling rambut mengandalkan hawa panas untuk menata rambut. Namun bila terlalu panas, hal tersebut justru akan membuat rambut rusak. Jadi pastikan untuk memberi perlindungan dengan heat protector pada rambut sekaligus atur suhu alat styling agar tak terlalu panas, agar rambut tetap sehat terjaga.

 

4. Konsumsi makanan kaya nutrisi

Pastikan untuk konsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti zat besi, zinc, protein, dan vitain B12 untuk memperkuat kondisi rambut.

 

5. Jaga kebersihan rambut

Pastikan untuk keramas secara rutin sehingga kulit kepala terbebas dari segala debu dan kotoran yang dapat menjadi penyebab rambut rontok. Sebaiknya gunakan sampo dengan formula lembut sehingga tidak mengikis nutrisi alami pada rambut.

Rambut rontok sebenarnya merupakan hal yang normal dan wajar. Paling tidak, rambut akan mengalami kerontokan sebanyak 40 -120 helai. Namun jika terus rontok tentu saja kebotakan akan membayangi. Selain itu pasti risih jika setiap hari menemui rambut rontok. Masalah rambut rontok ini cukup menyita perhatian. Tak heran berbagai cara merawat rambut dilakukan demi mendapatkan rambut yang sehat dan subur. Selain dengan perawatan ke klinik kecantikan, masalah rambut rontok bisa diatasi dengan cara alami bahkan menggunakan bahan yang mudah didapatkan lho. Penasaran? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/11/2018) cara merawat rambut rontok secara alami.

3 dari 9 halaman

1. Lidah buaya

Cara merawat rambut rontok bisa menggunakan lidah buaya. Kandungan dalam lidah buaya ternyata tak hanya mampu membuat rambut menjadi lebih sehat, tetapi juga lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala kamu. Cara merawat rambut rontok dengan lidah buaya adalah, sebelum menerapkan cara ini basahi dulu rambut anda dan tunggu sampai setengah kering. Setelah itu usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya. Usapkan pada rambut dan kulit kepala kamu, biarkan 15 hingga 20 menit. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

4 dari 9 halaman

2. Kemiri

Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Kandungan minyak kemiri mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala.

Cara merawat rambut rontok yakni dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak. Selanjutnya usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut. Langkah terakhir yakni keramas dengan shampo agar rambut kamu bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

5 dari 9 halaman

3. Menggunakan minyak esensial

Cara merawat rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak essensial. Salah satu minyak esensial terbaik yang dapat merangsang pertumbuhan rambut adalah minyak rosemary. Minyak ini dipercaya bisa meningkatkan metabolisme sel yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut sehingga menjadi lebih tebal.

Cara merawat rambut rontok dengan minyak essensial terlebih dahulu pastikan untuk menguji reaksi alergi sebelum mengaplikasikannya di kepala. Teteskan sedikit minyak di lengan atau belakang telinga. Jika dalam waktu 24 jam kulit tidak menunjukkan reaksi alergi yang ditandai dengan kemerahan dan gatal-gatal, maka kamu bisa melanjutkan pemakaiannya di kulit kepala. Perlu diingat, minyak esensial wajib diencerkan dengan minyak lainnya seperti minyak zaitun atau minyak jojoba. Gunakan minyak minyak essensial tersebut sebagai masker rambut.

6 dari 9 halaman

4. Buah alpukat

Kamu dapat menggunakan buah alpukat sebagai cara merawat rambut rontok. Pasalnya kandungan protein yang terdapat pada buah yang satu ini sangat effektif untuk menguatkan rambut dan mampu memberi nutrisi pada rambut kamu. Selain mampu menguatkan rambut, buah ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut kamu. Cara merawat rambut rontok yakni cukup dengan menghaluskan buah alpukat kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala kamu. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan shampo agar bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

7 dari 9 halaman

5. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Cara merawat rambut rontok dengan yogurt sangat mudah, kamu dapat mengoleskannya pada bagian kulit kepala dan biarkan 10 hingga 15 menit. Lakukan cara merawat rambut rontok ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu hingga kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

8 dari 9 halaman

6. Jeruk nipis

Jeruk nipis ternyata juga bisa mengatasi rambut rontok. Dengan beberapa buah jeruk nipis, kamu sudah bisa melakukan cara merawat rambut rontok secara alami. Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan, dan usapkan pada kulit kepala. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih. Cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat.

9 dari 9 halaman

7. Pakai masker aloe vera & jeruk nipis

Cara merawat rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan masker dari aloe vera dan jeruk nipis. Aloe vera bersifat anti-septik dan menyuburkan rambut. Padukan dengan sari lemon agar kulit kepala sehat. Cara merawat rambut rontok dengan bahan ini yakni, sediakan gel aloe vera secukupnya kemudian campurkan dengan perasan jeruk nipis. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala. Diamkan lebih kurang selama 30 menit. Kemudian bilas dengan bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.