Sukses

Rambut Rontok? Ini Cara Merawat dan Mengatasinya

Punya rambut rontok? Jangan panik, simak cara mengatasinya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Rambut merupakan mahkota wanita yang harus dijaga kesehatannya. Salah perawatan dan penanganan, mampu membuat rambut menjadi rusak hingga rontok. Jika hal tersebut sudah terjadi, tentu harus ditangani dengan cepat dan tepat agar masalah rambut rontok cepat teratasi.

Sebenarnya, banyak hal yang menyebabkan rambut menjadi rontok dan diantaranya adalah terlalu sering terkena sinar matahari, polusi, efek styling rambut, stres, pola makan, dan lain hal sebagainya.

Jika Anda mengalami kerontokan rambut, tak perlu panik! Simak cara mengatasi rambut rontok berikut ini.

1. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Biasanya rambut rontok memiliki kondisi akar rambut yang rapuh. Saat rambut terlalu kencang diikat, maka akan ada efek rambut yang tertarik dan membuatnya patah bahkan gugur. Jadi pastikan untuk mengikat rambut secara longgar agar rambut tidak rontok.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rambut rontok

2. Jangan gunakan alat styling terlalu panas

Rata-rata alat styling rambut mengandalkan hawa panas untuk menata rambut. Namun bila terlalu panas, hal tersebut justru akan membuat rambut rusak. Jadi pastikan untuk memberi perlindungan dengan heat protector pada rambut sekaligus atur suhu alat styling agar tak terlalu panas, agar rambut tetap sehat terjaga.

3. Gunakan hair tonic

Hair tonic memiliki kandungan yang dapat menutrisi akar rambut. Bahkan hair tonic juga bisa merangsang pertumbuhan rambut sehingga lebih sehat dan kuat.

3 dari 3 halaman

Rambut rontok

4. Konsumsi makanan kaya nutrisi

Pastikan untuk konsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti zat besi, zinc, protein, dan vitain B12 untuk memperkuat kondisi rambut Anda.

5. Jaga kebersihan rambut

Pastikan untuk keramas secara rutin sehingga kulit kepala terbebas dari segala debu dan kotoran yang dapat menjadi penyebab rambut rontok. Tapi pastikan untuk menggunakan sampo dengan formula lembut sehingga tidak mengikis nutrisi alami pada rambut.

Jadi, siasati masalah rambut rontok Anda dengan cara di atas ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Rambut rontok dalam dunia medis disebut sebagai alopesia. Kerontokan merupakan kondisi umum yang memang terjadi pada semua orang.

    Rambut Rontok

  • Rambut