Sukses

14 Hal Tak Terduga Ini Ternyata Bisa Sebabkan Rambut Rontok

Apa Anda juga sering mengalami rambut rontok? Jika iya, simak di sini beberapa alasan yang sering tidak disadari, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda juga sedang memiliki masalah dengan rambut rontok? Jika iya, jangan khawatir, karena Anda tidak sendirian.

Rambut rontok adalah masalah yang paling umum dialami oleh semua orang, terutama kaum wanita. Dilansir dari yourtango.com, Sabtu (2/6/2018), berikut ini adalah beberapa hal tidak terduga yang bisa menyebabkan rambut rontok. Penasaran?

1. Kekurangan protein

Mengubah pola makan bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Keluhan paling umum dari orang-orang yang baru saja menjalani kehidupan sebagai vegan adalah rambut rontok, karena mereka kekurangan protein.

2. Anemia

Jika Anda merasa tubuh lesu dan lemas, disertai dengan rambut rontok, bisa jadi itu adalah anemia. Anemia adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah menurun dan sebaiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter.

3. Jumah vitamin B yang rendah

Vitamin B adalah nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau, makanan laut, dan telur. Vitamin B sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan jika jumlahnya rendah, maka bisa menyebabkan rambut rontok.

4. Tanda penyesuaian hormonal postpartum

Kebanyakan orang hamil akan mengalami rambut rontok. Untuk beberapa wanita, kerontokan rambutnya bisa sangat serius ketika mereka hamil.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beberapa hal penyebab rambut rontok

5. Masalah keturunan

Pola kebotakan pada wanita, walaupun jarang, namun bisa saja terjadi. Jika ibu Anda memiliki rambut tipis yang memburuk seiring usia, kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya.

6. Alopecia Areata

Alopecia Areata adalah kondisi autoimun yang langka, menyebabkan tubuh menyerang folikel rambut secara acak. Proses penyembuhannya biasanya memakan waktu selama satu tahun, namun dalam kasus yang sangat jarang terjadi, penyakit ini bisa saja permanen.

7. Diet yang tidak berjalan dengan baik

Penurunan berat badan yang mendadak juga dapat menjadi salah satu penyebab dari rambut rontok. Namun, jangan khawatir karena sifatnya hanya sementara, nanti rambut Anda akan tumbuh kembali.

8. Terlalu banyak menarik rambut

Ini disebut juga sebagai gangguan psikologis atau trikotilomania, yaitu kebutuhan kompulsif untuk mencabut rambut ketika merasa stres. Jika hal ini di luar kendali, maka rambut Anda benar-benar akan rontok.

9. Terlalu sering menguncir rambut

Ekor kuda yang ketat tidak baik untuk rambut. Jika Anda melakukannya dari waktu ke waktu secara terus menerus, maka akan menyebabkan kerontokan rambut yang serius.

3 dari 3 halaman

Beberapa hal penyebab rambut rontok

10. Terlalu sering mengecat rambut

Terlalu sering mengecat rambut akan membunuh rambut. Percaya atau tidak, sering menata rambut, seperti mewarnai, memutihkan, atau mengeringkan rambut dapat menekan folikel rambut sampai di titik kerontokan.

11. Terlalu sering keramas

Terlalu keramas juga bisa menyebabkan kerontokan rambut. Air tidak baik untuk rambut, terutama jika Anda tidak pernah menggunakan kondisioner.

12. Stres

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena stres. Biasanya terjadi selama enam minggu atau tiga bulan setelah Anda mengalami stres berat.

13. Tiroid

Tiroid yang kurang aktif atau aktif dapat menyebabkan kerontokan rambut. Jika Anda memperhatikan adanya perubahan tingkat energi atau metabolisme, maka mungkin sebaiknya periksakan ke dokter sesegera mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.