Sukses

Cara Menghias Kue Ulang Tahun untuk Pemula dengan Butter Cream

Acara ultah makin lengkap dan meriah.

Liputan6.com, Jakarta Seremoni pesta ulang tahun tentu nggak afdol tanpa adanya kue ulang tahun. Kehadiran kue ulang tahun pun kurang lengkap dan tidak akan menarik jika tanpa hiasan. Harus diakui kue ulang tahun akan tampak indah dengan hiasan. Oleh sebab itu menghias kue ulang tahun merupakan sebuah keharusan. Apalagi jika yang berulang tahun adalah orang kesayangan. 

 

Baca juga:

 

Tapi, usut punya usut menghias kue ulang tahun sebenarnya bukan cuma berfungsi untuk membuat tampilan kue menjadi lebih menarik ketika disajikan. Tetapi menghias kue ini lebih dari pada itu, hiasan pada kue juga bertujuan menutup dan memperbaiki kekurangan yang ada pada bagian kue yang rusak. Tetapi butuh kreativitas ketika akan menghias sebuah kue agar memiliki bentuk yang menarik. Oleh karena itu Anda perlu latihan dan mengetahui cara menghias kue ulang tahun.

Meski susah-susah gampang, bukan berarti cara menghias kue ulang tahun hanya bisa dilakukan oleh orang yang ahli membuat kue saja lho. Anda yang jarang bersentuhan dengan kue ulang tahun pun bisa menghias kue sendiri. Di artikel ini nanti akan diulas cara menghias kue ulang tahun untuk pemula dengan butter cream.

Kenapa butter cream? Soalnya, ia merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk menghias kue. Buttercream adalah krim yang dibuat dari campuran gula, susu dan mentega putih. Anda juga bisa mengubah buttercream menjadi berbagai macam warna yang berbeda, tergantung penggunaannya saja. Cukup ditambahkan sedikit pewarna makanan saja, atau bisa juga dengan menambahkan perisa yang mungkin cocok dengan tema kue ulang tahunnya. Keunggulan dari menghias kue ulang tahun dengan butter cream adalah, karena tekstur butter cream kental, ringan dan tidak mudah meleleh jika disimpan di suhu ruang. Sebelum mengetahui cara menghias kue ulang tahun untuk pemula dengan butter cream, yuk simak resep cara membuat butter cream terlebih dahulu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahan cara menghias kue ulang tahun:

Bahan:

- Mentega putih 225 g

- Gula pasir 75 g

Cara membuat butter cream :

1. Kocok mentega dengan menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga warnanya menjadi pucat

2. Tambahkan gula pasir, lalu kocok lagi dengan menggunakan mixer.

3. Jika Anda ingin warna lain selain putih, campur dengan beberapa tetes pewarna makanan atau sesuaikan dengan warna yang Anda inginkan. Kocok dengan mixer berkecepatan rendah. Sisihkan.

Sudah tak sabar ingin mengetahui cara menghias kue ulang tahun sendiri? Nah, berikut Liputan6 rangkum dari berbagai sumber cara menghias kue ulang tahun untuk pemula dengan butter cream.

Sebelum menghias kue ulang tahun dengan butter cream, sebaiknya pilih kue tart dengan teliti. Sebelum memulai menghias kue, Anda harus memilih kue tart yang tepat. Sebaiknya pilih sponge cake, karena kue ini lebih lembut dan ringan sehingga ketika dilapisi dengan hiasan yang cenderung manis, kuenya tidak akan membuat enek.

Ketika hendak menghias kue, jangan lupa untuk mendinginkannya dengan cara dimasukan ke dalam kulkas atau diletakan di ruangan sampai uap panas hilang. Pasalnya, jika kue masih dalam keadaan panas, bisa-bisa bahan hiasan kue akan meleleh.

 

Baca juga:

 

3 dari 5 halaman

1. Siapkan kue

Cara menghias kue ulang tahun untuk pemula dengan butter cream yang pertama, pastikan kue yang dilapisi sudah benar- benar dingin supaya mudah dibentuk dan digerakkan. Letakkan kue diatas meja putar atau jika tidak ada bisa di tempat yang permukannya rata. Selain itu pilih tempat yang luas untuk meletakkan cake tersebut, agar saat pengolesan lebih leluasa. Potong bagian kering yang berwarna kecoklatan agar bagian permukaan kue rata dan mudah untuk mengolesinya dengan buttercream.

4 dari 5 halaman

2. Olesi Butter cream

Pertama tama lapisi kue dengan butter cream. Hal ini bertujuan untuk melembapkan kue dan sebagai dasar hiasan kue. Untuk melapisi kue dengan butter cream, dibutuhkan pisau kue bergerigi, scapper, spatula, meja putar dan botol semprot yang berisi air. Gunakan kue yang sudah dingin atau simpan di kulkas selama kurang lebih 30 menit. Warna butter cream yang digunakan bisa disesuaikan dengan keinginan.

Cara menghias kue ulang tahun untuk pemula dengan butter cream, Anda bisa menggunakan spatula untuk memoles seluruh permukaan kue dengan butter cream poles dengan tipis terlebih dahulu. Langkah awal cara menghias kue ulang tahun untuk pemula dengan buttercream yaitu taruh buttercream di atas kue tart di bagian tengah. Kemudian ratakan menggunakan spatula.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

Agar menghasilkan olesan yang rapih dan merata putar kue tart secara perlahan. Setelah itu simpan kue dalam kulkas selam kurang lebih 15 menit, dengan ini bagian yang ditambal akan menyatu dengan sendirinya.

5 dari 5 halaman

3. Gunakan spuit

Cara menghias kue ulang tahun untuk pemula dengan butter cream selanjutnya adalah dengan menghias bagian atas ataupun sisi kue. Anda dapat menghiasnya dengan berbagai bentuk, seperti daun, bintang, atau garis-garis. Caranya:

Jika seluruh permukaan kue terlapisi butter cream, masukkan sisa butter cream ke piping bag alias plastik segetiga. Tapi sebelumnya masukan spuitnya dulu. Nah, Spuit memiliki banyak sekali bentuk, tidak hanya kerucut saja. Ada yang polos, spuit bintang, spuit berlubang kecil, spuit mawar, dan spuit daun. Masing-masing spuit sama dengan namanya digunakan untuk membentuk macam-macam bentuk yang Anda inginkan.

Silakan berkreasi dalam menghias kue ulang tahun menggunakan spuit tersebut. Hias sesuai keinginan. Lakukan dengan perlahan supaya hiasan tidak rusak.Setelah itu cara menghias kue ulang tahun untuk pemula dengan buttercream selanjutnya adalah Anda bisa menambahkan topping seperti permen coklat, daun, bunga, tulisan selamat ultah, bentuk love, dan masih banyak yang lainnya sesuai selera.

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.