Sukses

Cara Membuat Roti Tawar yang Empuk, Lembut dan Enak, Bikin Sendiri di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Roti adalah makanan olahan tertua di dunia. Bukti dari 30.000 tahun lalu di Eropa memperlihatkan residu tepung di permukaan bebatuan yang digunakan untuk menumbuk makanan. Cara membuat roti tawar adalah dengan menggunakan tepung gandum atau tepung terigu.

Meski sangat populer, sejarah roti tawar tidak diketahui secara pasti. Namun, banyak yang meyakini bahwa cikal bakal roti tawar adalah roti pipih yang ditemukan bangsa Mesir Kuno. Roti tawar kemudian terus mengalami perkembangan. Pada 7 Juli 1928, roti tawar mulai dijual secara umum oleh pabrik roti Chillicothe Baking Company di Missouri, Amerika Serikat. Sejak saat itu, roti tawar mulai banyak digemari dan mendunia. Termasuk di Indonesia.

Roti tawar merupakan makanan favorit untuk disantap sebagai menu sarapan. Teksturnya yang empuk dan lembut membuat banyak orang menggemari roti tawar. Apalagi saat dipadukan dengan selai. Roti tawar memiliki kandungan serat, karbohidrat, dan protein yang tinggi. Roti tawar saat ini memang mudah didapatkan. Di setiap toko bahan makanan pasti menjual roti tawar. Namun sesekali tidak ada salahnya lho membuat roti tawar sendiri di rumah. Dengan cara membuat roti tawar yang benar dijamin deh hasilnya pasti lembut dan enak, nggak kalah dari produksi pabrikan. Nah, berikut ini Liputan6.com, Kamis (01/11/2018) ulas cara membuat roti tawar yang dirangkum dari berbagai sumber.

Membuat roti tawar sebenarnya susah-susah gampang. Namun, tak jarang terjadi kegagalan dalam membuat roti. Kegagalan tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal.

2 dari 7 halaman

Penyebab gagal membuat roti tawar

Adonan kurang mengembang disebabkan oleh ragi tidak aktif. Ini terjadi karena waktu fermentasi kurang, atau adonan tidak elastis. Hasil roti keriput terjadi karena fermentasi terlalu lama serta cairan terlalu banyak dibandingkan dengan tepung. Jika roti yang kamu buat terlihat pucat itu karena suhu api yang kurang panas, gula yang kurang takarannya atau mungkin lupa ditambahkan, pengolesan dengan mentega kurang tebal. Pernah mengalami roti buatanmu melebar dan tidak meninggi? Hal itu karena jumlah cairan terlalu banyak dibandingkan dengan tepung. Inginnya membuat roti yang empuk, namun hasilnya justru roti tersebut keras? Cek lagi penggunaan tepungmu dan langkah-langkahmu. Hal itu bisa terjadi karena penggunaan tepung yang terlalu banyak, adonan tidak diuleni hingga elastis, proses pemanggangan terlalu lama karena api terlalu kecil.

Sementara jika bagian tengah roti tidak matang terjadi karena api terlalu kecil, proses pemanggangan terlalu cepat.Jika rotimu berlubang-lubang itu akibat fermentasi terlalu lama, adonan tidak dikempiskan lebih dulu setelah fermentasi selesai serta adonan tidak digiling. Penyebab roti tidak berbentuk biasanya karena adonan tidak diuleni sampai elastis.Bagian bawah roti terlalu keras muncul karena proses pemanggangan terlalu lama.

Roti terlalu asam merupakan akibat dari penggunaan ragi yang terlalu banyak dan proses fermentasi terlalu lama. Jika permukaan roti tidak mulus itu karena permukaan roti tidak dilicinkan lebih dulu ketika dibentuk. Roti cepat berjamur biasanya terjadi karena roti dimasukkan ke dalam kantong plastik dan dibungkus rapat pada saat kondisi roti masih panas.

3 dari 7 halaman

Tips dan trik cara membuat roti tawar yang empuk dan lembut

Gunakan bread improver dan bread emulsifier. Tanpa kedua bahan ini, roti akan tetap mengembang, tetapi hasilnya akan berbeda dalam hal tekstur serat dan kekokohannya.Jangan langsung menuangkan bahan cair seperti air es sekaligus ke dalam adonan. Tuangkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Kalau masih terlihat kering dan seret, baru tambahkan lagi sedikit demi sedikit. Hentikan penambahan bahan cair jika adonan sudah dirasa cukup lembap.

Pastikan adonan sudah benar-benar kalis sebelum masuk ke proses selanjutnya. Jangan menarik adonan saat membagi dan menimbang, gunakan pisau atau scrapper supaya serat roti terlihat bagus. Bentuk adonan harus bulat mulus supaya roti yang dihasilkan terlihat cantik dan rapi. Lakukan proses menguleni adonan selama sekitar 10 menit sampai kalis. Sebetulnya, setelah 7-8 menit diuleni, adonan sudah mulus dan halus, dan itu berarti proses menguleni sudah cukup. Namun, kamu bisa menambahkan 2-3 menit lagi untuk hasil lebih bagus. Saat cuaca sedang dingin, simpan adonan di dalam oven. Letakkan wadah yang sudah diisi air panas di rak oven bagian paling bawah dan taruh adonan di rak atasnya. Suhu yang lembap dan hangat dibutuhkan agar adonan mengembang dengan baik. Jika sudah memahami langkah-langkahnya, sekarang saatnya kamu praktik cara membuat roti tawar sendiri di rumah. Berikut ini cara membuat roti tawar rumahan yang lembut.

4 dari 7 halaman

Bahan-bahan:

500 gr tepung terigu berprotein tinggi

3 sendok makan susu bubuk

1 butir telur ayam

3 sendok makan mentega putih

200 ml air dingin atau air es

5 sendok makan gula pasir

1 sendok makan ragi instan

1 sendok teh garam halus

5 dari 7 halaman

Cara membuat roti tawar yang empuk dan lembut:

1. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, garam dan ragi instan, lalu aduk rata.

2. Masukkan telur lalu tuang air es sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan hingga menggumpal. Lalu masukkan mentega putih dan aduk terus hingga adonan menjadi keras.

3. Bulatkan adonan lalu diamkan dalam wadah tertutup rapat selama 30 menit.

4. Kempiskan adonan dengan cara ditinju lalu masukkan kedalam loyang khusus roti tawar yang sudah dioles dengan mentega terlebih dahulu. Diamkan selama 45 menit hingga adonan mengembang.

5. Panggang dalam oven roti sampai roti tawar benar-benar matang kira-kira selama 20 menit

6. Potong-potong roti tawar lalu siap untuk disajikan

Banyak orang tidak tertarik membuat roti tawar sendiri karena merasa tak akan bisa membuat tanpa oven. Padahal, kamu bisa membuat roti tawar meski tanpa oven, yaitu dengan cara dikukus. Berikut ini resep cara membuat roti tawar kukus.

6 dari 7 halaman

Bahan-bahan:

150 gr tepung terigu protein sedang

20 gr mentega

1 sdm gula pasir

1 sdt ragi

Sejumput garam

Adonan wateroux:

2 sdm terigu50 ml air

7 dari 7 halaman

Cara membuat roti tawar kukus:

1. Wateroux berfungsi agar roti bisa berserat dan empuk. Campurkan terigu dan air di dalam wadah stainless, aduk rata hingga tak ada yang bergerindil. Panaskan di atas kompor dengan api kecil, aduk-aduk hingga jadi seperti lem, biarkan dingin.

2. Untuk adonan kedua, campur tepung terigu dengan ragi, dan gula. Aduk rata. Tuang adonan wateroux ke dalam adonan dan aduk rata. Masukkan margarin dan garam, uleni hingga kalis.

3. Taruh adonan di dalam wadah, diamkan hingga adonan mengembang.

4. Kukus adonan kurang lebih 30 menit, tunggu hingga dingin.

5. Roti tawar siap dipotong-potong

Loading
Artikel Selanjutnya
Ada Galian dan Pengecoran, Sejumlah Jalan di Jakarta Macet
Artikel Selanjutnya
Waspadai Kilat dan Angin Kencang di Dua Kawasan Jakarta Ini