Sukses

Perkembangan Terakhir Patung Garuda Wisnu Kencana Hingga Setinggi 121 Meter

Berikut keindahan patung Garuda Wisnu Kencana setinggi 121 meter yang menjadi simbol Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia mulai menjadi negara berkembang di penghujung dekade 1980-an. Pada saat itu, berbagai aspek di tanah air berkembang dengan pesat. Perubahan tersebut melingkupi pembaharuan kehidupan urban, pembangunan infrastruktur, pariwisata, dan pertumbuhan media.

Kondisi ini membuat Indonesia dipaksa untuk bertahan dan melakukan eksistensi diri di mata dunia. Begitu banyak kekayaan bangsa yang tidak bisa dilihat sebelah mata. Salah satunya, nilai budaya yang kaya dan dengan bangga bisa dipamerkan pada dunia.

Inilah yang menjadi latarbelakang munculnya ide membuat Garuda Wisnu Kencana dari Joop Ave, Direktur Jenderal Pariwisata 1982-1988 dan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi 1993-1998 untuk membuat sebuah landmark budaya dan pariwisata. Ide Joop Ave ketika itu sederhana, yaitu membuat patung setinggi 5 meter yang khas dan meninggalkan kesan kuat, yang akan ditempatkan di bandara Ngurah Rai Bali.

Patung Garuda Wisnu Kencana bertujuan agar semua pengunjung dari seluruh dunia dapat melihat ikon yang menjadi wajah dan simbol pengikat dari Indonesia yang bermartabat dan berkelas dunia. Hampir tiga puluh tahun lalu, ia menemui Nyoman Nuarta, seniman patung tanah air untuk merancang dan merealisasikan monumen rencananya tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Garuda Wisnu Kencana di Bali

Selama proses pembuatannya terdapat beberapa perubahan hingga akhirnya dari rencana monumen yang hanya setinggi 5 meter kini telah menjadi patung Raksasa Garuda Wisnu Kencana. Sebuah kebanggaan patung setinggi 121 meter diatas permukaan tanah dan 271 diatas permukaan laut.

Untuk merayakan selesainya proses pembangunan patung raksasa Garuda Wisnu Kencana ini, sebuah syukuran akan digelar pada Sabtu (4/8/2018) di Cultural Park GWK, Ungasan, Jimbaran Bali. Acara syukuran ini akan diisi dengan doa dan penampilan budaya khas Bali.

 

3 dari 3 halaman

Garuda Wisnu Kencana di Bali

Syukuran Garuda Wisnu Kencana Ini akan dihadiri oleh sejumlah tokoh negara seperti Gubernur Bali, Bekraf, Kementrian Pariwisata, dan Duta Besar negara sahabat. Setelah perjalanan waktu yang tidak sebentar, selama 28 tahun tentu masyarakat Indonesia patut bersyukur dengan selesainya pembangunan patung yang akan menjadi kebanggaan Indonesia sekaligus persembahan kekayaan budaya nusantara untuk dikenal dunia.

"Setelah proses pembuatan yang cukup panjang 28 tahun, patung Garuda Wisnu Kencana akhirnya selesai. Untuk merayakan ini diselenggarakanlah syukuran yang akan dihadiri oleh Gubernur Bali, Bekraf, Kementrian Pariwisata, dan duta besar," kata Joana Arcana Public Relation PT. SNN saat dihubungi via telepon oleh Liputan6.com,

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.