Sukses

Daftar Wisata Budaya Wajib Saat di Dubai ala Penduduk Lokal

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu kota modern di dunia, Dubai selalu memiliki daya tarik tersendiri. Meski terkenal dengan hal yang mewah dan memesona, Dubai juga menyimpan kekayaan budaya yang patut dieksplorasi.

Beberapa kebudayaan yang singgah di Dubai bisa Anda rasakan dengan mengunjungi beberapa tempat berikut ini. Apa saja?

1. Memahami budaya Emirati

Banyak yang memiliki pandangan tersendiri soal budaya timur tengah. Di Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding (SMCCU), Anda bisa merasakan sendiri dan bertanya langsung seputar budaya asli tradisional Uni Emirat Arab.

Dengan slogan "Open Doors, Open Minds," para petugas di sana akan menjawab semua pertanyaan Anda soal budaya timur tengah. Bahkan jika itu menyinggung hal yang sensitif. SMCCU sudah membantu para pengunjung untuk mendapatkan pemahaman lebih baik tentang kehidupan emirat di Dubai.

Selain bertanya di SMCCU, ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi dalam sebuah tur. Salah satunya tur cultural heritage. Seorang Emirati akan membawa Anda mengunjungi Mesjid Diwan dan wilayah bersejarah Al Fahidi. Al Fahidi merupakan salah satu kawasan tradisional tertua di Dubai. Secangkir kopi Arab dan kurma akan menjadi penutup tur Anda.

Tur berikutnya, Anda bisa mengunjungi Creekside. Anda akan diajak menaiki abra untuk menyeberangi Dubai Creek, mengunjungi pasar emas tradisional, pasar rempah-rempah, dan pasar kain tradisional.

2 dari 3 halaman

2. Menikmati daging unta layaknya penduduk asli

Selain menjadi kendaraan tradisional, unta memiliki peranan penting dalam sejarah Emirat. Dari segi busana hingga penyedia bahan pangan. Biasanya, daging unta disajikan dalam acara pernikahan atau acara spesial lainnya.

Daging unta ini bisa Anda cicipi dalam bentuk koftah atau bakso di Local House. Tempat ini sudah menyajikan daging unta sebagai makanan autentik lebih dari satu dekade. Daging unta diolah menjadi sup, burger, kebab, dan biryani.

 

Sedangkan susu unta bisa Anda temukan di Majlis, Dubai Mall. Susu unta sendiri memiliki kandungan vitamin yang banyak. Kandungan vitamin ini berfungsi untuk mengurangi kanker usus besar. Bagi beberapa orang mungkin akan menghindari susu unta karena rasanya yang begitu kuat.

Pernahkah Anda coba burger dengan daging unta? Di Dubai, Anda bisa mencicipti makanan cepat saji ini dengan kalori yang lebih rendah dibanding daging sapi. Rasanya sangat mirip dengan daging domba. Anda pun bisa mendapatkannya di Switch, di Dubai Mall.

Jika di Indonesia ada lomba sapi yang disebut dengan karapan sapi, di Dubai terdapat lomba balap unta. Agak sulit untuk menemukan tradisi ini di Dubai. Namun Anda bisa mengunjungi Al Marmoon Racetrack di Jalan Al Ain untuk menyaksikannya.

3 dari 3 halaman

3. Seni berburu elang

Berburu menjadi salah satu tradisi yang cukup melekat dalam sejarah Dubai. Falconry menjadi salah satu yang tertua di Dubai. Pelatihan dan perburuan elang menjadi bagian dari sejarah Emirat sejak abad ke 13.

Kini, falconry menjadi olahraga bernilai jutaan dollar. Anda bisa menyaksikan budaya ini di Dubai's Falcony and Heritage Sports Centre di Nad Al Sheba. Di sini, Anda juga bisa menemukan pasar tradisional pusat yang menjadi tempat jual beli elang secara legal.

Artikel Selanjutnya
Nikmati Musim Panas di Dubai dengan Destinasi Kaya Sejarah
Artikel Selanjutnya
Tempat-Tempat Menarik yang Tidak Boleh Anda Lewatkan Jika Berkunjung ke Dubai