Sukses

Manfaat Baik Scrub Gula bagi Kulit Wajah

Ini beberapa manfaat scrub gula yang baik bagi kulit.

Liputan6.com, Jakarta Tubuh manusia tidak akan pernah luput dari debu dan kotoran yang menumpuk pada kulit. Terlebih, penggunaan produk makeup maupun tabir surya kerap membuat pori-pori kulit semakin tersumbat.

Untuk membuat pori-pori kembali bernafas, Anda harus melakukan eksfoliasi secara rutin. Ini tidak hanya mengangkat sel kulit mati, tetapi juga membuka pori-pori.

Ada sejumlah scrub yang bisa Anda gunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Salah satunya dengan scrub gula, seperti dilansir dari Boldsky pada Jumat (18/5/2018). Scrub gula memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Menghilangkan sel kulit mati

Anda bisa mencampur scrub gula dengan serbuk sari madu botani. Antibakteri yang terkandung dalam madu bekerja dengan baik untuk memecah sel kulit mati dan membuka pori-pori. Jika dilakukan secara rutin, tidak akan terjadi penumpukan sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih segar.

2. Menetralisir radikal bebas

Setiap scrub yang mengandung gula sangat baik untuk membantu mempertahankan kelembapan normal pada kulit dengan menetralisir radikal bebas. Ini akan membuat kulit menjadi lebih cerah.

3. Melembutkan kulit

Anda bisa menggunakan scrub brown sugar dengan minyak kelapa. Aplikasikan campuran masker ini secara teratur untuk membuat kulit terlihat lebih halus. Aman untuk digunakan pada wajah karena terdiri dari bahan-bahan alami. 

 

3 dari 3 halaman

4. Untuk kulit sensitif

Karena mudah larut ketika bersentuhan dengan air, scrub gula memiliki tekstur yang tidak terlalu keras, sehingga aman bagi kulit sensitif. Komposisi kimia yang ada pada gula menjadi sangat efektif untuk merawat kulit normal, tetapi juga cukup lembut untuk kulit sensitif.

5. Menghidrasi kulit

Gula menjadi humektan alami. Dalam istilah awam, gula mampu menghidrasi kulit sekaligus berfungsi sebagai elemen abrasif pada kulit. Sehingga kulit tidak hanya menjadi lembab, tetapi juga terjaga dari sifat berminyak.

6. Membersihkan sel kulit mati

Gula menjadi sumber alami dari asam glikolat. Asam glikolat sendiri menjadi kandungan yang mampu membbersihkan tumpukan sel kulit mati. Sehingga mudah dibersihkan ketika dibilas. Kulit pun menjadi lebih segar dan kemudian dilindungi dengan tabir surya ketika keluar rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.