Sukses

15 Kebiasaan Anda Setiap Hari yang Menjijikkan, Sadar Tidak?

Liputan6.com, Jakarta Setiap hari Anda melakukan kebiasaan, seperti menghirup sesuatu atau bersentuhan dengan sebuah barang. Meski Anda telah menjalani gaya hidup sehat, ada beberapa realitas kebiasaan buruk yang seharusnya dihindari dan memiliki dampak buruk.

Melansir dari sheknows.com, Kamis (28/12/2017), berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang tidak Anda sadari dilakukan setiap hari dan menjijikkan. Penasaran apa saja?

1. Memegang uang

Sebuah studi yang pernah dilakukan pada tahun 2014 menyatakan ada sekitar 3.000 tipe bakteri yang berbeda dari sebuah uang yang berasal dari bank. Menurut New York University's Center, bakteri tersebut merupakan mikroba pada kulit, namun ada beberapa yang cocok dengan yang ditemukan pada mulut dan vagina.

2. Mengaplikasikan pelembap

Pelembap mengandung lanolin. Lanolin merupakan produk sampingan dari industri wol dan pada dasarnya pelembap dibuat dengan menggunakan keringat domba.

3. Ciuman

Sebuah studi terbaru dalam jurnal Microbiome menemukan bahwa kebiasaan french kiss yang dilakukan dalam waktu 10 detik dapat menyebarkan 80.000 bakteri di dalam mulut.

 

 

 

 

1 dari 5 halaman

Kebiasaan menjijikkan

4. Makan selai kacang

FDA mengkonfirmasi bahwa di setiap botol kaca selai kacang mengandung rata-rata 30 fragmen atau lebih serangga per 100 gramnya atau rata-rata satu atau lebih hewan pengerat per 100 gramnya.

5. Menggosok gigi

Menurut para peneliti di University of Manchester, Inggris, sebuah sikat gigi merupakan rumah bagi lebih dari 100 juta bakteri, termasuk e. coli dan staph.

6. Menggunakan ponsel

Faktanya, ponsel bisa membawa 10 kali lebih banyak bakteri daripada dudukan toilet.

2 dari 5 halaman

Kebiasaan menjijikkan

7. Bernapas

Tahukah Anda bahwa bernapas juga disebut sebagai hal yang menjijikkan? Faktanya, Anda menghirup serpihan-serpihan kulit mati setiap hari dan sekitar 15% dari apa yang dihirup adalah partikel bakteri dan serangga.

8. Bermain dengan hewan peliharaan

Ya, bagaimana tidak? Hewan peliharaan juga kemungkinan besar membawa bakteri e. coli dan bakteri lainnya.

9. Bersin

Penelitian menunjukkan bahwa semprotan lendir dapat berjalan lima sampai 20 kali lebih jauh melalui bersin, daripada batuk. Dengan bersin, Anda mengeluarkan udara dan lendir dalam tubuh dalam kecepatan hingga 93 mil per jam.

3 dari 5 halaman

Kebiasaan menjijikkan

10. Menggosok-gosok mata

Anda tentu tahu bahwa menggosok mata dapat mengakumulasikan bakteri dan kotoran di sudut mata, seperti lendir dari hidung, sel darah, sel kulit, dan partikel debu.

11. Bekerja dengan komputer

Sebuah studi tahun 2008 menunjukkan bahwa keyboard komputer sebenarnya mengandung bakteri jauh lebih banyak daripada gagang pintu toilet, bahkan tempat duduk toilet.

12. Makan roti bagel

Ketahuilah bahwa roti bagel atau roti apa pun yang biasanya digunakan untuk sarapan sering mengandung L-Cysteine, yang merupakan senyawa dari bulu mata manusia atau bulu bebek.

4 dari 5 halaman

Kebiasaan menjijikkan

13. Mengaplikasikan lipstik

Lipstik mengandung semacam bahan kimia yang seringkali digunakan untuk menghasilkan kilau dan mengurangi transparansi produk.

14. Minum jus jeruk

Administrasi Makanan dan Obat di Amerika Serikat jus jeruk sama joroknya dengan Anda memakan telur.

15. Tidur

Kasur atau ranjang atau tempat tidur penuh dengan sel kulit mati, koloni tungau, debu, minyak, dan kelembapan.

Artikel Selanjutnya
Sering Merasa Tidak Bahagia? Ini Alasannya Berdasarkan Zodiak
Artikel Selanjutnya
Tak Disadari, 8 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Ganggu Kinerja di Kantor