Sukses

Mengunyah Makanan Terlalu Cepat, Membuat Gemuk. Mitos atau Fakta?

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang bilang apabila Anda mengunyah makanan dengan cepat, maka akan meningkatkan risiko kegemukan. Lalu apakah hal ini benar? Dikutip dari Independent, Senin (20/11/17), sebenarnya semakin cepat menghabiskan makanan, maka akan semakin besar kemungkinan Anda untuk makan berlebih.

Hal ini disebabkan karena mengunyah makanan dengan cepat dapat menyebabkan fluktuasi gula darah sehingga menimbulkan resitensi insulin. Menurut penelitian yang dipresentasikan pada American Scientific Sessions 2017, makan secara perlahan ternyata menjadi kunci untuk menjaga kesehatan dan mengendalikan tubuh.

Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap 642 pria dan 441 wanita ini dapat dilihat bahwa mereka yang makan dengan gerakan cepat, mampu mengembangkan sindrom metabolik sebesar 11,6 % dibandingkan dengan mereka yang makan dengan kecapatan normal yakni sebesar 6,5%.

 

1 dari 2 halaman

Mitos atau Fakta

Tidak hanya meningkatkan berat badan, makan dengan cepat juga akan membuat lingar pinggang lebih besar dan glukosa darah lebih tinggi. Oleh sebab tu, luangkan waktu untuk makan secara perlahan dan secara sadar agar tubuh dapat terasa kenyang dan berhenti makan berlebihan (Latifah Gusri)

Ilustrasi Makanan Shakshuka (iStockphoto)

Artikel Selanjutnya
Catat, Makanan yang Harus Dihindari Selama Puasa Ramadan
Artikel Selanjutnya
Masak Kentang dengan Cara Ini Bikin Berat Badan Langsung Langsing