Sukses

6 Kebiasaan Buruk yang Harus Segera Anda Ubah

Simak sepuluh kebiasaan buruk yang harus segera Anda ubah mulai sekarang.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pastinya memiliki kebiasaan yang sulit untuk diubah, walaupun kebiasaan tersebut adalah hal yang sepele. Sadar atau tidak, sering kali kebiasaan ini membawa dampak buruk bagi diri sendiri maupun bagi orang disekitar Anda, simak sepuluh kebiasaan buruk yang harus segera Anda ubah mulai sekarang seperti yang dilansir dari Readersdigest.ca, Kamis (24/8/2017)

1. Menghabiskan Waktu Di Sofa Sambil Menonton TV
Percaya atau tidak, terlalu sering menonton tv dapat meningkatkan risiko obesitas. Sebuah studi membuktikan bahwa orang yang menonton televisi lebih dari dua jam sehari akan makan lebih banyak. Bukan hanya itu saja, mereka lebih menyukai menenggak minuman ringan yang bergula dan makan makanan ringan. Kecenderungan tidak melakukan aktivitas fisik saat menonton TV, membuat Anda malas berolahraga, mengunjungi teman, atau bepergian.

2. Berhutang
Salah satu masalah yang sering melanda kehidupan Anda, tampaknya masalah keuangan. Bagi Anda yang sulit untuk mengatur pengeluaran, cenderung memilih meminjam uang sebagai salah satu solusi. Namun, kebiasaan meminjam uang ternyata tidak baik bagi kesehatan Anda. Sebuah survei dari Rutgers University, orang yang memiliki tekanan keuangan cenderung darah tinggi, depresi, insomnia, sakit kepala, dan masalah pencernaan. Stres yang berlebihan juga dapat menggangu pola tidur. Jadi, sudah saatnya untuk mengatur ulang pengeluaran keuangan Anda.

3. Mengonsumsi Makanan Cepat Saji
Siapa yang tidak suka dengan kentang goreng yang dikombinasikan dengan cheese burger dan minuman bersoda? Mengonsumsi makanan cepat saji untuk seminggu sekali, tampaknya tidak ada masalah besar. Namun, keseringan menyantap makanan cepat saji tidak menyehatkan untuk tubuh.

Dalam makanan cepat saji, sering kali ditemukan lemak dan kolesterol jahat. Hal ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Bukan hanya itu saja, badan ideal yang Anda impikan, tampaknya tidak akan terealisasikan.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Mudah Marah, Stres, dan Panik

Ilustrasi Orang Marah (iStockphoto)​

Banyak hal yang menyebabkan Anda marah, walaupun hal kecil sekalipun. Biasanya orang yang mudah marah, akan mudah stres dan panik secara berlebihan. Kebiasaan ini adalah kebiasaan buruk yang harus segera diubah. Kebiasaan ini akan membawa dampak buruk bagi orang di sekitar Anda.

Tidak semua orang akan memaklumi sikap buruk, yang Anda berikan kepada mereka. Kebanyakan orang akan menjauhi Anda, ataupun berpaling menjadi musuh Anda. Untuk itu, luangkan beberapa waktu Anda untuk mengunjungi psikiater ataupun mengikuti kelas yoga.

5. Melewatkan Sarapan
Mengonsumsi menu sarapan pagi Anda, akan menjadi bahan bakar untuk tubuh dalam memulai hari. Penelitian dari Harvard membuktikan bahwa orang yang melakukan sarapan, akan tampil lebih maksimal di sekolah ataupun tempat kerja. Sebaliknya, bagi yang tidak sarapan biasanya lebih berpotensi 27 persen terkena serangan jantung.

6. Membandingkan Diri dengan Orang Lain
Pastinya kita pernah melakukan perbandingan terhadap diri sendiri dengan orang lain. Bila sering menganggap orang lain lebih cantik atau pintar dari Anda, sebaiknya mulai berhenti melakukan hal tersebut. Bisa jadi hal ini yang membuat Anda tidak maju dan berkembang.

Apapun yang dikatakan oleh orang lain tentang diri Anda, janganlah menjadikan hal tersebut sebuah patokan. Tetap percaya diri, lakukan semua hal yang menurut Anda benar dan bermanfaat. Bila Anda pernah gagal ataupun kalah, jangan cepat menyerah. Jadikan hal tersebut sebuah motivasi.

Fellisia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.