Sukses

Khusus, Kertas untuk Alquran Ternyata Tahan 100 Tahun Lamanya

Liputan6.com, Jakarta Alquran, sebagai kitab suci umat Islam memang memiliki berbagai keistimewaan. Selain dari untaian 6666 ayat yang memiliki makna menakjubkan, bahan pembuat Alquran juga harus dipersiapkan dengan baik. Lalu apa kelebihannya?

Ternyata, kertas untuk pembuatan Alquran sendiri harus memenuhi berbagai standar sesuai syariat Islam. Seperti kebersihan hingga kehalalannya dalam proses produksi dan pengemasan. Maka itu diharapkan Alquran bisa secara baik digunakan dalam beribadah.

Hal ini juga disadari betul oleh Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas, yang berinisiatif untuk menyediakan produk khusus bersertifikat untuk pasar halal. Tentunya sertifikat halal ini dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan berbagai aspek. Mulai dari penyediaan bahan baku hingga proses penyimpanan.

Tahap pertama yang diperhatikan adalah pemilihan bahan baku kertas yang tidak mengandung unsur haram seperti babi, alkohol, ataupun bahan pengotor lainnya. Selain itu, kertas ini diproduksi dengan teknologi khusus dan disimpan dalam gudang yang terpisah. Hal ini dilakukan untuk memisahkan produk dari bahan kimia nonhalal.

Barulah produk jadi yang disebut sebagai Quran Paper (QPP) bisa dipergunakan. Dengan tekstur khusus dan kualitas cetak yang mengagumkan, kertas ini dapat bertahan hingga 100 tahun lamanya. Bahkan, kertas ini juga sudah merambah pasar internasional ke Timur Tengah, seperti Mesir, Yordania, Turki, Kuait, Uni Emirat Arab, serta Iran. Tentunya dengan kualitas luar biasa, Alquran bisa awet hingga ke anak cucu.