Sukses

Tips Aman Meninggalkan Makanan Beku di Freezer Selama Liburan

Liputan6.com, Jakarta Sebelum pergi liburan, Anda pasti mempersiapkan banyak hal. Tak hanya barang bawaan, namun Anda harus mencabut beberapa perangkat listrik yang ada di dalam rumah, dan memastikan rumah dalam keadaan aman selama Anda tinggalkan.

Jangan lupa periksa juga isi lemari es Anda. Beragam makanan beku yang ada juga harus Anda pastikan kondisinya. Bila terjadi pemadaman listrik tiba-tiba, makanan beku Anda akan rusak. Dilansri dari www.foodsafety.gov dan Lifehack, jika kulkas Anda tidak bekerja selama lebih dari 4 jam, sayang sekali otomatis makanan beku yang ada tidak layak dikonsumsi.

Untuk itu, intip cara yang paling aman untuk mengetahui apakah makanan beku Anda rusak atau tidak setelah kembali dari liburan.

Ilustrasi Foto Freezer (iStockphoto)

1. Sediakan gelas dan koin

Tuangkan air dalam gelas kemudian masukkan dalam lemari es. Setelah air beku, Anda bisa menaruh uang koin di atasnya dan tempatkan kembali di dalam lemari es. Jika setelah pulang liburan, Anda melihat koin masih di atas itu berarti tidak ada kejadian pemadaman listrik tiba-tiba, dan makanan masih layak Anda konsumsi. Jika Anda menemukan koin berada di tengah cangkir, makanan Anda mungkin masih baik untuk dikonsumsi, namun pernah terjadi pemadaman listrik kurang dari 4 jam. Sedangkan, jika koin mencapai bagian bawah, Anda harus membuang makanan karena ada kemungkinan pernah terjadi pemadaman listrik yang cukup lama.

2. Teliti saat berbelanja

Untuk menghindari terbuangnya makanan dalam jumlah besar, Anda bisa membuat rencana berbelanja sebelum liburan. Makanan seperti daging, produk susu, dan telur akan mudah rusak bila disimpan dalam suhu 4°C, maka Anda disarankan untuk menghindari membelinya sebelum liburan. Anda dapat membeli makanan yang diperkirakan aman selama meninggalkan rumah seperti, keju padat, mentega atau margarin, buah kaleng, buah-buahan segar yang belum dipotong, selai kacang.

 
Tera Tri Yusepi

Loading