Sukses

10 Hal Produktif yang Bisa Dilakukan Saat Makan Siang

Liputan6.com, Jakarta Tak yakin bagaimana menghabiskan waktu makan siang dengan cara yang lebih bermakna? Betul bahwa tak ada salahnya makan siang dihabiskan untuk chit-chat, bergosip bersama rekan kantor, atau sekadar ngobrol.

Menurut buku yang ditulis oleh Rhett Power, The Entrepreneur's Book of Actions: Essential Daily Exercises and Habits for Becoming Wealthier, Smarter, and More Successful, seperti yang dirilis dari Inc.com pada Jumat (21/10/2016), Rhett melakukan riset tentang perilaku-perilaku yang bisa mengubah hidup dan bisa menciptakan dampak, yang akhirnya membantu Anda mencapai kesuksesan. Salah satu cara membuat perubahan adalah dengan mengelola waktu secara bijak. Seperti kita tahu, salah satu ‘kemewahan’ waktu ekstra yang kita miliki adalah saat makan siang. Menurut saran Rhett, berikut adalah 10 hal produktif yang bisa dilakukan saat makan siang.

1. Mengerjakan proyek impian
Katakanlah, waktu paling cepat Anda bisa makan siang adalah cukup 15 menit. Itu artinya, Anda punya 45 menit waktu bebas. Selama itu, Anda bisa mengisinya untuk mencicil menggarap proyek impian Anda. Entah itu, proyek di luar profesi, atau untuk menyusun portofolio, mencari informasi tentang pelatihan maupun untuk pengembangan skill Anda. Hitung saja, jika Anda memanfaatkan waktu 45 menit itu, dalam seminggu setidaknya ada waktu 200 menit untuk menyelesaikan proyek Anda. Lumayan, kan?

2. Mendapatkan tubuh impian
Susah mencari waktu untuk berolahraga? Manfaatkan waktu makan siang Anda. Lebih mudah, sih, kalau ada gym di dekat kantor. Anda bisa mengikuti kelas yoga, weight training ataupun latihan kardio. Bisa juga, bagi yang hobi lari, manfaatkan waktu sebelum makan untuk lari. Buatlah rencana untuk berolahraga secara rutin. Meski hanya satu jenis aktivitas, tapi jika dilakukan dengan rutin dan fokus, dua atau tiga kali dalam seminggu (atau syukur-syukur bisa setiap hari), Anda pasti akan puas melihat hasilnya.

3. Meditasi
Meditasi bagus untuk tubuh dan pikiran. Meditasi bisa membantu meningkatkan daya konsentrasi, melepaskan kecemasan, dan mengurangi tingkat risiko depresi. Mereka yang terbiasa menghabiskan waktu bekerja di depan layar komputer hingga 11 jam dalam sehari, sangat rentan mengalami depresi. Gunakan beberapa menit saja, waktu makan siang Anda untuk melakukan meditasi, bisa mengalirkan pasokan oksigen ke otak. Ibarat me-restart kembali komputer. Meditasi juga berfungsi membersihkan pikiran dan membuat Anda mampu berpikir lebih tajam dalam melakukan problem solving. Belum biasa melakukan meditasi sendiri? Di internet bisa dicari video-video ataupun aplikasi panduan meditasi.

4. Membuat tabel rencana 
Ingin membuat pekerjaan menjadi lebih terorganisir, hidup lebih terencana dan target-target dapat tercapai? Buatlah jurnal dan perencanaan yang rapi. Isilah waktu luang di siang hari ini untuk fokus pada diri Anda. Fokus pada apa saja yang perlu Anda selesaikan selama seminggu ini, baik itu tugas kantor maupun proyek pribadi, dan apa saja yang ingin Anda selesaikan.

5. Tulisan curhat
Menulis adalah obat mental yang baik. Menulis bisa melepaskan emosi terpendam yang kadang sulit untuk diucapkan. Gunakan waktu bebas ini untuk menuliskan uneg-uneg Anda, bisa menjadi terapi. Kalau Anda tidak punya ide topik apa yang ingin ditulis, tulis saja apa-apa yang terlewat di benak Anda. Tak harus untuk di-posting di media sosial, sih.

6. Buat rencana makan siang besoknya
Gunakan waktu untuk merancang menu makan untuk keesokan hari dan hari-hari berikutnya untuk satu minggu. Dengan cara ini, perlahan-lahan Anda akan terbebas dari kebisaan jajan tak sehat, beli asal apa saja yang ada, atau fast food (karena kepepet). Dengan membuat rencana, Anda punya waktu untuk menyiapkan bekal makan siang sehat untuk esok hari, atau mungkin mencoba tempat makan yang baru, yang belum pernah terpikir sebelumnya. Buat juga, rencana menu yang sesuai bujet, jika Anda sedang ingin melakukan penghematan.

7. Membaca buku 
Semua orang pasti sibuk. Tapi membaca buku adalah aktivitas yang harus disempat-sempatkan. Sebab, hanya dengan membaca, kita bisa selalu berkembang, terinspirasi, dan mendapatkan wawasan baru. Targetkan waktu untuk menyelesaikan minimal satu buku dalam seminggu.

8. Pekerjaan sampingan
Punya pekerjaan sampingan sah-sah saja. Asal tidak menggangu jam kerja kantor, dan kita bisa tetap menyelesaikan tuntutan kantor tepat pada waktunya.

9. Menelepon orang tercinta 
Meski sekarang eranya chat messenger seperti Facebook, Whatsapp, dan Line, telepon bicara tetap diperlukan untuk menjaga kedekatan. Bisa leluasa ngobrol dengan mereka yang jauh, menunjukkan bahwa Anda memberi perhatian khusus untuk mereka. Bisa keluarga besar yang tinggal di luar kota, kekasih, atau sahabat lama.

10. Menonton video Podcast
Ada banyak ilmu dan ide-ide segar mengalir deras di internet. Semuanya tersedia gratis, kalau kita mau rajin-rajin mencari dan mengikutinya dengan seksama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS