Sukses

10 Perilaku yang Tak Disadari Mengganggu Orang

Berikut ini 10 perilaku yang tak disadari atau disengaja mengganggu orang lain dan lingkungan sekitar.

Liputan6.com, Jakarta Ketika hidup di dunia, sesuatu hal yang mustahil jika Anda tidak pernah berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Hal tersebut tidak dapat terelakkan dan bahkan untuk orang-orang yang tidak disukai serta cenderung mengganggu.

Bahkan tanpa disadari atau sengaja, Anda pernah melakukan hal ini dan mengganggu lingkungan hidup di sekitar. Beberapa situasi yang mengganggu baik Anda atau orang lain sebagai penyebabnya harus bisa dihindari demi kenyamanan bersama, kecuali memang disengaja.

Seperti dilansir dari Brightside.me pada Minggu (10/7/2016), Liputan6.com merangkum beberapa situasi yang menyebabkan lingkungan sekitar Anda terganggu saat tengah berinteraksi secara sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengangkat kaki saat duduk di kursi pesawat atau transpotasi umum

1. Mengangkat kaki saat duduk di kursi pesawat atau transportasi umum

Mungkin Anda pernah menemukan orang seperti ini yang mengangkat kaki atau menyandarkan kursi mereka ke belakang. Percayalah bahwa tindakan tersebut mengganggu.

2. Berdiri dan memerhatikan orang tengah bekerja

Mungkin saat sedang melaksanakan ujian, perasaan risih akan muncul ketika pengawas datang dan berada persis di belakang Anda. Hal ini juga mungkin kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya ketika bekerja di mana bos atau teman tiba-tiba ada di belakang untuk memerhatikan pekerjaan Anda. Hal tersebut jelas mengganggu konsentrasi dan ketenangan Anda.

3 dari 6 halaman

Berisik saat menonton di bioskop

3. Berisik saat menonton di bioskop

Terkadang jika membawa orang yang sudah menonton suatu film dan melihatnya kembali, kita harus siap jika mereka akan membocorkan jalan ceritanya. Orang-orang yang suka melakukan hal ini mungkin bermaksud baik untuk berbagi cerita, tetapi mereka seperti tidak tahu situasi dan kondisi bahwa tengah menonton di bioskop.

4. Berdiri terlalu dekat dengan orang yang ada di depan Anda

Tanpa sadar mungkin Anda atau orang lain hanya bermaksud iseng dengan melakukan hal ini. Namun, percayalah bahwa apa yang dilakukan tersebut mengganggu orang di depan Anda.

4 dari 6 halaman

Bicara dengan orang dengan nalar yang lambat

5. Bicara dengan orang dengan nalar yang lambat

Kita kadang tidak bisa menuntut orang lain untuk memahami dan mengerti pesan apa yang akan disampaikan. Namun, sangat menyebalkan jika Anda berbicara dengan orang yang lambat berpikir dan hanya bisa bilang "apa" setiap kali selesai menjelaskannya.

6. Orang yang membanting pintu untuk menandakan mereka datang

Beberapa orang mungkin suka pamer dan ingin diperhatikan dengan cara yang beragam. Namun, ada juga dari mereka yang bertindak kelewat batas bahkan sampai dengan sengaja menutup pintu dengan kencang untuk menandakan kedatangannya.

5 dari 6 halaman

Orang sombong dan sok pintar

7. Orang sombong dan sok pintar

Dalam sebuah kelompok sosial, terkadang suka ada orang yang ingin terlihat lebih pintar dari yang lain. Namun, pola pikir tersebut malah dapat cenderung untuk merendahkan orang lain. Sudah pasti, tindakan yang tanpa sadar dilakukan itu memberikan pandangan negatif bahwa mereka adalah orang sombong.

8. Orang yang sibuk sendiri dengan gawai mereka

Di zaman teknologi seperti saat ini, budaya individualis tanpa sadar juga ikut berkembang, salah satunya ketergantungan pada gawai. Malah di saat waktu berkumpul dengan teman, sahabat, pacar, atau keluarga, beberapa orang seolah sangat sulit untuk melepaskan perhatiannya dari gawai mereka. Hal ini jelas tidak sopan dan mengganggu suasana berkumpul.

6 dari 6 halaman

Orang sombong dan sok pintar

9. Orang yang tertawa di atas penderitaan Anda

Pandangan bahwa sahabat yang baik adalah mereka yang menertawakan kebodohan kita merupakan hal yang keliru. Sebagai sahabat, seharusnya ada untuk membantu dan menemani bukannya menertawakan saat Anda tengah menghadapi kesulitan.

10. Orang yang tiba-tiba menatap Anda dengan tajam

Entah apa yang menjadi maksud dan tujuan dari tindakan ini, menatap orang tak dikenal dengan tajam akan mengganggu mereka. Perasaan risih pun akan muncul dan hinggap dalam benak serta otak pikiran mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini