Sukses

Uvempoi, Sop Daging Kesukaan Para Menteri Era Presiden Soeharto

Untuk Anda yang akan berkunjung ke palu dan akan menyaksikan gerhana matahari total 2016 jangan lupa untuk mencoba jajanan bernama Uvempoi.

Liputan6.com, Palu Kota Palu, Sulawesi Tengah, ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin menyaksikan fenomena gerhana matahari total 2016 (GMT) yang akan terjadi pada Rabu 9 Maret 2016 besok. Bila berkunjung ke Kota 3 Dimensi ini, para wisatawan disarankan untuk mencobai makanan khas bernama Uvempoi.

Uvempoi merupakan makanan berupa sop daging sapi dengan bumbu khas Palu. Daging yang dimasak adalah bagian tulang rusuk. Kuah sop terasa gurih dan berwarna cokelat. Harga per mangkoknya Rp 25 ribu.

"Uvempoi ini sop daging khas sini, khas Palu. Banyak yang ke mari cuma buat makan ini," kata Pemilik Warung Anoa 1 Lina Biruhi kepada Liputan6.com, Selasa (8/3/2016).

Lina menceritakan warungnya ini dibuka pukul 08.00 WITA dan biasanya tutup pukul 14.00 WITA, setelah stoknya sudah habis terjual. Larisnya masakan ini disebabkan 2 unsur utama penambah cita rasa, yakni asam jawa dan dimasak dengan kayu bakar.

Asam jawa, lanjut Lina, berfungsi untuk membangkitkan rasa dan memberi efek segar dari makanan tersebut. "Dimasak pakai kayu bakar dan tempurung kelapa untuk menambah cita rasa. Kalau pakai kompor lain itu rasanya. Digodok lebih dari 1 jam, tergantung apinya," jelas dia.

Masakan Uvempoi ini meroket di zaman pemerintahan Presiden Soeharto. Masakan ini wajib dihidangkan pada menteri-menteri yang melakukan kunjungan kerja ke Palu.

"Waktu masih zaman Pak Harto, menteri-menterinya ke mari pasti tanya ini, Uvempoi. Mereka maunya makan ini. Yang paling suka itu Menteri Harmoko," kata salah satu pengunjung bernama Andre Delano.

Andre juga menuturkan Uvempoi memiliki 'saudara sepupu', bernama Kaledo. Secara masakan tidak jauh berbeda, hanya bahan bakunya saja yang berbeda.

"Kalau Uvempoi itu tulang rusuk sapi, kalau Kaledo itu tulang kaki yang ada sumsum," tandas Andre

Untuk Anda yang akan berkunjung ke palu untuk menyaksikan gerhana matahari total 2016 jangan lupa mencoba jajanan yang satu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.