Sukses

Tips dan Inspirasi Mendesain Kamar Bayi

Sebelum mendesain kamar tidur bayi, coba perhatikan beberapa elemen inspiratif berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mendesain kamar tidur anak, khususnya bagi anak pertama menjadi hal yang menyenangkan bagi orang tua. Biasanya mereka akan diselimuti oleh perasaan bahagia dan antusias menyambut kelahiran anak pertama. Mereka juga akan sibuk membayangkan beragam tema dan konsep yang cocok untuk diaplikasikan.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika mendekorasi ruangan tempat tidur bayi. Yang pertama, lokasi kamar bayi mudah dijangkau oleh orang tua. Selain itu perhatikan sirkulasi udara dan sinar matahari dalam ruangan untuk kesehatan bayi.

Kemudian yang terakhir, Anda harus menentukan dari awal apakah ruangan ini akan didesain sesuai jenis kelamin anak atau sengaja dibuat netral agar tidak perlu dekorasi ulang untuk kelahiran anak selanjutnya.

Untuk memperkaya inspirasi Anda dalam mendesain dekorasi kamar bayi, berikut ini terdapat sembilan ide yang bisa Anda pilih, dikutip dari apartmenttheraphy.com  oleh www.rumah.com , Jumat (5/2/1016)

Wallpaper

Pilih wallpaper yang sesuai dengan tema pilihan Anda. Mulai dari motif dramatis sampai dengan imajinatif, wallpaper dan wall decals adalah cara paling praktis untuk menambah imajinasi ke dalam kamar bayi Anda.

Pencahayaan

Untuk membuat ruang tidur menjadi lebih nyaman, sediakan lampu dengan pencahayaan yang pas untuk kamar bayi Anda. Jika tak ingin terlalu terang, sediakan lampu redup yang tergantung.

Warna emas

Untuk membuat warna emas tampil pas di kamar tidur, campur dengan warna netral atau pastel. Dengan begitu sentuhan mewah bisa dirasakan tanpa terlihat terlalu formal.

Motif hati

Tidak hanya digunakan pada tema hari Valentine, Anda bisa menambahkan motif hati yang sederhana untuk dipasang di dinding. Berikan sentuhan cinta yang manis untuk si kecil.

Bambu dan aksen rotan

Warna alami yang ditonjolkan dari material bambu dan rotan begitu pas menghadirkan kehangatan untuk setiap ruangan, termasuk kamar bayi. Namun Anda harus berhati-hati ketika hendak memadukan aksen ini dengan perabot vintage.

Karya seni

Jika Anda adalah pecinta karya seni lokal, tidak ada salahnya menonjolkan kehadirannya di kamar bayi. Hal ini bertujuan untuk menginspirasi anak mengenai karya seni lokal ke dalam visualisasinya.

Warna cat dinding

Anda bisa memberikan lukisan dinding yang dramatis seperti biru terang atau lainnya ke dalam kamar bayi. Meski begitu hal ini disesuaikan dengan ukuran kamar tidur, karena corak yang terlalu ramai bisa membuat ruangan menjadi lebih sempit.

Karpet antik

Sebuah karpet yang cantik bisa memberi pengaruh besar terhadap ruang kamar bayi Anda. Meski begitu dekorasi ini bisa Anda ganti menjadi karpet plastik ketika anak beranjak dewasa.

Netral

Ruangan dengan nuansa netral adalah solusi tepat bagi orangtua yang ingin bermain aman dalam mendesain kamar bayi. Buat warna netral menjadi lebih berwarna dengan memadukan warna seperti abu-abu dan putih. Ini adalah cara mudah untuk menciptakan suasana spa yang menenangkan.

Foto:Apartmenttherapy.com  (Isnaini K/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini