Sukses

Trik Memilih Furnitur yang Tahan Banjir

Berikut ini tips untuk memilih furnitur yang tahan banjir.

Liputan6.com, Jakarta- Hingga kuartal pertama tahun ini, Indonesia paling rawan hujan deras dan banjir. Bagi Anda yang tinggal di kawasan langganan banjir, agar keselamatan isi rumah tetap terlindungi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Yang populer dan umum dilakukan adalah dengan merenovasi rumah. Padahal, tanpa Anda melakukan hal yang berbujet besar ini pun, sebenarnya Anda dapat melakukan cara lain; yakni dengan memilih furnitur yang tahan terhadap serangan banjir.

Dilansir melalui Rumah.com, berikut ini tips untuk memilih furnitur yang tahan banjir:

1. Pertimbangkan untuk menggunakan material yang terbuat aluminium atau plastik untuk rumah Anda. Jika perlu, ganti kusen dan pintu rumah dengan yang berbahan plastik atau aluminium. Pintu dan kusen kayu dapat mengembang karena menyerap air. Alhasil, pintu cepat lapuk dan rusak.



2. Untuk furnitur berukuran besar seperti lemari, Anda dapat menambahkan roda di bagian kaki. Hal ini diperlukan agar Anda mudah memindahkan ke area aman saat banjir datang.



3. Material besi atau stainless steel dapat dipilih untuk tempat tidur atau meja makan. Untuk furnitur besi, berikan lapisan pelindung, seperti duco atau waterproofing khusus agar furnitur air tak mudah rusak. (liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.