Sukses

Marischka Prudence: Jangan Lakukan Hal Ini Saat Diving

Berikut hal-hal yang dilarang ketika Anda menyelami keindahan surga bawah laut Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Keindahan alam bawah laut Indonesia sudah tak diragukan lagi. Tak mengherankan bila banyak orang kemudian menyebutnya dengan sebutan surga bawah laut.

Untuk menikmati surga bawah laut yang ada di Indonesia dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan menyelam atau yang lebih dikenal dengan istilah scuba diving.

Seperti yang dilansir dari Prodive-cairns.co.au, Kamis (13/11/2014), scuba sendiri merupakan kependekan dari Selft Contained Underwater Breathing Apparatus yang berarti menyelam dengan menggunakan peralatan oksigen.

Jika ingin menikmati surga bawah laut Indonesia dengan cara scuba diving, Anda membutuhkan banyak peralatan seperti baju selam, sepatu katak, masker kacamata, jaket penyangga oksigen, tabung oksigen, regulator dan pemberat badan.

Pastikan semua alat yang telah disebutkan di atas, nyaman digunakan ketika Anda menyelam. Setelah mengetahui peralatan apa saja yang Anda perlukan saat menyelam (diving), Anda juga perlu mengetahui hal-hal apa saja yang dilarang ketika menyelam.

Marischka Prudence, travel blogger yang telah menyelami berbagai keindahan laut yang ada di Indonesia pun menjelaskan hal-hal apa saja yang tidak boleh Anda lakukan ketika diving.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Dilarang Menyentuh atau Memegang Bintang Laut dan Coral

Dilarang Menyentuh atau Memegang Bintang Laut dan Coral

Jika Anda diving, usahakan untuk tidak memegang baik flora maupun fauna yang indah dipandang, yang ada di dalam laut. Alasannya adalah tidak sedikit tumbuhan atau coral yang hidup di bawah laut beracun dan mudah rusak (fragile).

3 dari 7 halaman

Dilarang Diving Sendirian

Dilarang Diving Sendirian

Diving seorang diri sangat tidak disarankan karena Anda tidak akan tahu bahaya atau resiko apa yang akan hadapi ketika diving. Ketika diving, Anda harus ditemani guide dan jika diving dilakukan bersama-sama harus ada seorang guide yang telah berpengalaman dan teman yang dipasangkan (buddy system).

4 dari 7 halaman

Dilarang Naik ke Permukaan Secara Mendadak

Dilarang Naik ke Permukaan Secara Mendadak

Saat diving, Anda tidak diperkenankan untuk langsung naik ke permukaan secara mendadak dari kedalaman karena badan Anda memerlukan safety stop (waktu untuk badan menetralisir nitrogen dalam darah).

5 dari 7 halaman

Dilarang Menyelam Saat Anda Tidak Merasa Sehat

Dilarang Menyelam Saat Anda Tidak Merasa Sehat

Selama di dalam air, Anda harus menyesuaikan tekanan telinga anda dengan tekanan air dan melakukan mask clearing. Usahakan untuk tidak melakukan penyelaman di luar parameter tabel penyelaman atau jam tangan Anda (informasi yang membantu Anda menghindari penyakit dekompresi).

6 dari 7 halaman

Jangan Menahan Nafas Saat Naik ke Permukaan

Jangan Menahan Nafas Saat Naik ke Permukaan

Usahakan pada saat naik ke permukaan air, lakukan secara perlahan-lahan sambil bernapas normal.

7 dari 7 halaman

Perhatikan Keadaan Cuaca

Perhatikan Keadaan Cuaca

Jika ketika diving Anda mendengar petir menyambar dari kejauhan, bergegaslah untuk naik ke permukaan serta meninggalkan air (laut) sebab air adalah penghantar listrik. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini