Sukses

Gunakan Bumbu Dapur untuk Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Berikut ini adalah 2 pilihan cara menghilangkan bau prengus daging kambing dengan menggunakan bumbu dapur.

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Sudah menjadi sebuah tradisi untuk menyajikan menu-menu olahan kambing saat perayaan Idul Adha.

Namun karena bau prengusnya, sebagian Anda mungkin enggan untuk mengolah daging kambing. Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada Selasa (23/9/2014), Kecap Bango berbagi tips tentang cara mengolah daging kambing agar tidak bau.

Di antara beberapa tips yang dibagikan, ada yang caranya adalah dengan menggunakan bumbu-bumbu dapur. Bumbu-bumu dapur tersebut adalah, kunyit, jahe, bawang putih, kecap, dan garam.

Selain dapat menghilangkan bau, cara-cara ini juga dapat menambah cita rasa daging yang akan dimasak. Berikut ini adalah 2 pilihan cara untuk menghilangkan bau prengus dengan menggunakan bumbu dapur:

Cara 1

  • Cuci daging kemudian ditiriskan atau dikeringkan.
  • Tumbuk kunyit, jahe, dan bawang putih hingga halus.
  • Oleskan bumbu yang sudah dihaluskan ke daging kambing yang telah dikeringkan.
  • Diamkan selama setengah jam.
  • Setelah itu cuci kembali.

Cara 2

  • Rebus daging dengan campuran bumbu kunyit, jahe, dan bawang putih yang telah dihaluskan.
  • Tambahkan kecap manis dan garam secukupnya selama proses perebusan.
  • Rebus selama setengah jam untuk menghilangkan bau.
  • Jika ingin melembutkan, lama perebusan diperpanjang hingga 1 jam.

Pembagian tips ini dilakukan pada acara Ragam Kelezatan Sajian Idul Adha dari Barat Hingga Timur Nusantara yang berlangsung di restoran Oasis. Pada acara ini dibagikan pula 3 resep olahan kambing dari 3 daerah di Indonesia, yaitu Sate Matang (Aceh), Rabeg (Banten), Sate Kambing Balanga (Gorontalo).

Nuning Wahyuningsih selaku Senior Brand Manager Bango PT Unilever Indonesia pada kesempatan itu menjelaskan bahwa ketiga resep tersebut adalah hasil dari kegiatan Ekspedisi Warisan Kuliner Nusantara dari Kecap Bango yang hingga kini masih berlangsung.

Salah satu tujuan pembagian resep dan tips mengolah kambing ini adalah agar para ibu tak bingung dan tak enggan dalam mengolah daging kambing untuk disajikan pada saat Idul Adha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.