Sukses

Sejuta Pesona Pulau Samalona di Makassar

Liputan6.com, Makassar Samalona merupakan sebuah pulau kecil yang letaknya berada di dekat kota Makassar, Sulawesi Selatan. Di sana, ada pantai berpasir putih dan lautan yang biru jernih, namanya pantai Samalona.

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Selain dapat membuat Anda terpesona, suasananya juga dijamin dapat melepas kepenatan.

Siapapun yang pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini pasti akan langsung merasa kagum melihat keindahan Samalona. Jika aktifitas Anda selama ini sibuk dan penat dengan keramaian kota, tempat ini bisa menjadi pilihan liburan yang tepat.

Selama ini Makasar identik dengan wisata Pantai Losari. Namun, pantai ini cukup ramai dan keindahannya mulai kurang alami karena banyaknya wisatawan yang berkunjung ke sana. Menurut orang asli Makassar, Samalona adalah pantai yang paling indah di Makassar yang keindahannya melebihi Losari.

Untuk menuju ke Pantai Samalona, Anda bisa melakukan perjalanan dari dermaga di dekat Losari yang memakan waktu sekitar 40 menit. Anda juga bisa memulai perjalanan dari dermaga dekat Benteng Fort Rotterdam menggunakan kapal. Di sini, kemampuan Anda bernegosiasi akan diuji supaya memperoleh harga sewa yang murah. Biasanya perjalanan pulang pergi menggunakan kapal biayanya Rp 350 ribu.

Sekilas, Pulau Samalona hampir sama dengan Pulau Pari yang ada di Kepulauan Seribu. Bedanya, di Samalona terdapat lebih banyak bulu babi sehingga Anda harus ekstra hati-hati ketika menginjakkan kaki di perairan pantainya yang dangkal. Selain, itu air di pantai ini juga jauh lebih jernih dan bersih dibandingkan dengan Pulau Pari.

Sajian utama di Pulau Samalona adalah keindahan dunia bawah laut. Saat menyelam, Anda dapat bertemu dengan terumbu karang yang cantik dan ikan laut berwarna-warni, serta kuda laut. Airnya yang jernih pun, menambah kelokan dunia bawah lautnya.

Keindahan akan tampak lebih eksotis jika di pagi hari jika melakukan aktifitas penyelaman, penyelaman di pagi hari ini Anda akan disuguhi dengan pemandangan ikan-ikan berenang kesana-kemari bermain di antara terumbu-terumbu karang di laut.

Coba saja Anda bayangkan, di dalam air di laut lepas yang berwarna biru, garis-garis cahaya matahari terlihat jelas menyusup masuk ke dalam air. Ikan dengan berbagai corak warna bermain-main menyelinap keluar masuk terumbu karang, seakan menggoda kita untuk ikut bermain.

Dengan sesekali mengejar sekumpulan ikan untuk diikuti dan melihat ritmenya, Anda akan merasa takjub sekaligus merasa lemah, lemah karena kesunyian dalam laut.

Puas menyelam, saatnya bersantai di pantainya. sambil menikmati sinar matahari pagi. Pantai di Pulau Samalon memiliki pasir putih dan sangat bersih.

Saat senja, Anda dapat menikmati tenggelamnya matahari yang sungguh menawan. Dengan pemandangan laut lepas yang luas dan tidak ramai oleh orang-orang atau toko-toko, akan membuat Anda nyaman untuk menikmati sang mentari yang perlahan tenggelam.

Anda juga bisa menyewa kapal seharga Rp 450.000 untuk mengelilingi Pulau Samalona dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Lautnya sungguh biru dan indah, jadi siapkan kamera untuk merekam momen terbaik Anda di pulau ini.

Jika berkunjung ke pantai Samalona, sebaiknya Anda menghabiskan banyak waktu di tepi pantai yang berpasir putih. Berburu foto di pantai ini juga bisa menjadi aktivitas yang mengasyikkan.

Berbicara mengenai fasilitas, di sini Anda bisa menemukan mushola, toilet, saung, dan rumah makan. Selain itu bagi yang ingin menginap, di sini juga terdapat homestay dengan fasilitas yang memadai. (Eky Hendrawan/Ars)