Sukses

Platform Digital untuk Pemasaran Produk UMKM

Kolaborasi tersebut dapat meningkatkan kapasitas bisnis UMKM di Kabupaten Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) menyelenggarakan Workshop Optimalisasi Platform Digital untuk Pemasaran Produk UMKM pada tanggal 25 April 2024.

Acara ini merupakan bagian dari program pemberdayaan UMKM yang dijalankan oleh Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) di bawah Program Keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia.

Workshop tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman teknis UMKM dalam memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produk mereka yang dihadiri 100 UMKM dari Kabupaten Bogor.

Dalam pelaksanaan Program UMKM Untuk Indonesia 2024 (UUI), SETC berkolaborasi dengan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) serta beberapa pemangku kepentingan strategis, termasuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten Cirebon.

Kemudian Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Program ini bertujuan melibatkan sekitar 1.000 pelaku UMKM dengan berbagai materi relevan, seperti pemasaran dan sistem pembayaran digital, dari bulan Februari hingga September 2024.

Tujuannya adalah mendukung target pemerintah Indonesia untuk mendorong 30 juta pelaku UMKM go digital pada tahun tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor, Imam Wahyu Budiana menyampaikan kolaborasi tersebut dapat meningkatkan kapasitas bisnis UMKM di Kabupaten Bogor.

"Sejak didirikan pada tahun 2007, SETC telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 70.000 pelaku UMKM di Indonesia, baik secara daring maupun luring," jelasnya.

Program ini menjadi salah satu dari berbagai pelatihan dan pendampingan UMKM yang telah dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan utama SETC selama 17 tahun terakhir bagi UMKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat menyatakan komitmen Sampoerna dalam memperkuat perkembangan UMKM di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital.

Direktur Eksekutif, Ivi Anggraeni menekankan pentingnya UMKM memanfaatkan teknologi untuk pertumbuhan dan perkembangannya dalam perekonomian bangsa.

"Melalui upaya ini, diharapkan UMKM dapat bersaing secara global," ia menambahkan.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.