Sukses

Resep Jamur Enoki Cabai Garam, Menu Sahur Lezat yang Mudah Dibuat

Jamur enoki cabai garam kian lengkap ketika disajikan bersama sup bening sebagai menu sahur.

Liputan6.com, Jakarta - Menambah daftar panjang menu sahur yang bisa dibuat dengan mudah adalah jamur enoki cabai garam. Kendati simpel, lauk makan ini terkenal sebagai penghabis nasi, saking nikmat. Tapi dalam konteks makan sahur, pastikan Anda berhenti makan sebelum kenyang sesuai sunah Rasulullah.

Sesuai namanya, olahan ini menggunakan jamur enoki sebagai bahan utama. Menambah nikmat rasanya, bumbunya terdiri berbagai bawang yang bisa dengan mudah didapatkan, baik di pasar tradisional maupun supermarket. Selain dengan nasi putih, Anda bisa menambahkan sup bening untuk melengkapi menu santap sahur. 

Secara general, langkah-langkah pembuatannya terbilang mudah, dan karenanya, tidak memakan terlalu banyak waktu. Langsung catat resep jamur enoki cabai garam kreasi pengguna Cookpad @ella_elloet, dikutip Jumat, 22 Maret 2024.

Jamur Enoki Cabai Garam

Bahan-bahan:

1 bungkus jamur enoki

100 gram tepung bumbu gluten free

Secukupnya air

250 ml minyak goreng

Bumbu:

4 siung bawang putih

2 siung bawang merah

3 buah cabai keriting

3 buah cabai rawit merah

3 buah cabai rawit hijau

1 batang serai, ambil bagian putihnya

1 batang daun bawang

Secukupnya garam, gula, dan kaldu bubuk

 

Cara Membuat Jamur Enoki Cabai Garam

  1. Buang akar jamur enoki. Cuci bersih, lalu belah.

  2. Ambil 4 sdm tepung bumbu gluten free. Tuang air secukupnya sampai agak cair.

  3. Panaskan minyak goreng.

  4. Ambil 1 belahan jamur enoki. Baluri dengan tepung kering, lalu celupkan pada tepung basah. Baluri lagi dengan tepung kering sambil dipisah-pisah agar tidak menempel.

  5. Goreng jamur enoki hingga kecokelatan. Angkat, lalu tiriskan.

  6. Buat bumbu: cincang duo bawang. Iris cabai dan daun bawang. Iris serong serai.

  7. Panaskan minyak. Tumis dup bawang terlebih dahulu hingga cokelat. Masukkan cabai, serai, dan daun bawang. Masak hingga harum. Masukkan garam, gula, dan kaldu bubuk. Aduk rata. Koreksi rasa. 

  8. Letakkan jamur enoki di piring saji, lalu siram dengan bumbu cabai garam. Bisa juga langsung dicampur di teflon dalam keadaan kompor mati. Sajikan hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.