Sukses

Waspada Penghambat Keberhasilan Anak Muda, Kata Gus Iqdam Ini Kunci Suksesnya

Menurut Gus Iqdam, jika masa mudamu tidak sukses, dipastikan ada masalah soal keyakinan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini banyak kita lihat anak muda yang sukses. Tampak dari laman sosial, banyak pula yang suka pamer dengan kesuksesannya.

Namun, tak semua seindah di medsos. Banyak pula anak muda yang gagal karier maupun wirausaha.

Gus Iqdam memiliki pendapat terkait banyaknya anak muda yang tidak sukses. Menurut dia, ada penghambat suksesnya seseorang.

Dalam kesempatan yang sama, Gus Iqdam juga mengungkapkan kunci sukses seseorang.

Membedah pemuda sukses, seringkali dapat dikenali dari beberapa karakteristik yang mencerminkan kematangan, dedikasi, dan visi yang kuat.

Jika dilihat, mereka memiliki kemampuan untuk mengenali dan mengejar tujuan hidup mereka dengan tekun. Pemuda sukses biasanya memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin mereka capai, dan mereka memotivasi diri untuk terus bekerja menuju pencapaian tujuan tersebut.

Mereka tidak hanya bercita-cita tinggi, tetapi juga memiliki rencana yang terstruktur dan disiplin untuk mencapai impian mereka.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anak Muda Tidak Sukses Karena Ini

Selain itu, pemuda sukses memiliki sikap yang adaptif dan terbuka terhadap pembelajaran. Mereka sadar bahwa dunia terus berubah, dan mereka siap untuk menghadapi tantangan dan beradaptasi dengan perubahan.

Keterbukaan terhadap pengetahuan baru, kemampuan untuk belajar dari kegagalan, dan keinginan untuk terus berkembang menjadi bagian integral dari karakter mereka. Sikap ini memungkinkan mereka untuk tetap relevan dan berkembang dalam lingkungan yang dinamis.

Bagi Gus Iqdam, soal pemuda yang tidak sukses ada sesuatu yang jadi penghambat, yaitu, adanya ketidakyakinan pada diri seseorang tersebut.

"Kadang salah satu penghambat seseorang itu terletak pada hal ketidakyakinan," ujar Gus Iqdam, seperti unggahan TikTok@kajian_online.

Padahal jika ditilik pemuda itu, sudah rajin, ibadah rajin, ngajinya juga sudah, istiqomah sudah.

3 dari 3 halaman

Jika Sudah Yakin dan Mantap, Allah Akan Wujudkan Hal Ini

"Tapi kadang gak mantep, ga yakin. Padahal salah satu kesuksesan cah nom, kui mantep yakin, bahwasanya wes njalani prentah Gusti Allah, iki gawa penak neng uripku," katanya.

Jika seseorang sudah mantep seperti itu, insya Allah Allah akan mewujudkan apa yang menjadi hal dimantapi itu. Allah akan memberikan umur yang barokah dan manfaat.

"Mpun mantep, insya Allah Allah bakal mujudaken nopo ingkang mantep niku, umur barokah lan manfaat," tandas Gus Iqdam.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.