Sukses

Mengenal Rajabiyyah, Tradisi Menyembelih Hewan di Bulan Rajab

Rajab merupakan bulan yang istimewa. Pada zaman jahiliyah, bangsa Arab menyebut bulan ini sebagai bulan berkah dan bulan penuh kebaikan. Salah satu tradisi bangsa arab lama menyembelih hewan ternak di bulan Rajab adalah rajabiyyah.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Rajab adalah bulan penuh ketenangan dari hiruk-pikuk peperangan. Diceritakan bahwa ketika datang bulan Rajab bangsa Arab Jahiliyah selalu mematahkan anak panah mereka serta menyimpan senjata demi menjaga kedamaian di bulan Rajab. Selain itu, bangsa Arab Jahiliyah juga gemar bersedekah di bulan Rajab. 

Ada sebuah tradisi unik di bulan Rajab yang biasa mereka lakukan yaitu menyembelih hewan ternak, kemudian dibagikan kepada mereka yang membutuhkan khusus di sepuluh hari pertama bulan Rajab.

Tradisi itu juga disebut sebagai athirah atau dikenal juga dengan Rajabiyyah. Tujuannya adalah untuk mengharapkan keberkahan hidup dengan menyembelih dan bersedekah di bulan Rajab.

Setelah itu, baru datang ajaran agama Islam yang membawa anjuran untuk melestarikan tradisi ‘athirah serta mensyariatkan kurban di hari raya Idul Adha. Sebagaimana dikuatkan dengan sabda Rasulullah:

قال رسول الله على كل أهل بيت في كل عام أضحية وعتيرة 

Artinya: “Rasulullah bersabda, ‘(hendaknya) Bagi setiap keluarga pada setiap tahunnya, menyembelih kurban serta ‘athirah," (HR Ibnu Majah).

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hukum ‘Athirah atau Rajabiyah

Mengutip dari laman NU Online, berikut merupakan penjelasan terkait hukum ‘athirah atau rajabiyah dari berbagai mazhab.

Mazhab Hanafi, Maliki dan Hanbali

Menurut Syekh Abu Bakar al-Kasani, ulama mazhab Hanafi dalam Kitab al-Bada’ius Shana’i, perintah ‘athirah ini telah disalin (naskh) dengan perintah berkurban di hari raya Idul Adha dengan dalil hadis.

قال رسول الله نسخ صوم رمضان كل صوم ونسخ الأضحى كل ذب

Artinya: “Rasulullah bersabda, ‘Puasa Ramadhan menyalin seluruh (perintah) puasa (sebelumnya), dan berkurban menyalin seluruh (perintah) menyembelih (sebelumnya),” (HR. Daruquthni).

Menurut Syekh Ibnu Qudamah al-Maqdisi, ulama mazhab Hanbali dalam Kitab al-Mughni, perintah ‘athirah telah disalin (naskh) dengan dalil hadis.

قال رسول الله لا فرع ولا  عتيرة 

Artinya: “Rasulullah bersabda ‘Tidak ada (perintah) fara’ juga ‘athirah,” (HR Abu Dawud).

Pendapat Ibnu Qudamah al-Maqdisi ini juga disepakati oleh Syekh Muhammad al-Hattabi dan mayoritas ulama mazhab Maliki. Walhasil, mayoritas ulama mazhab Hanafi, Maliki dan Hanbali menyatakan bahwa tidak disunnahkan ‘athirah dalam syariat Islam.

3 dari 3 halaman

Mazhab Syafi’i

Sedangkan menurut mazhab Imam Asy-Syafi’I ‘athirah yang diniatkan karena Allah hukumnya adalah sunnah. Hal ini sebagaimana yang diutarakan oleh An-Nawawi:

 والصحيح عند أصحابنا وهو نص الشافعي استحباب العتيرة 

Artinya: “Dan pendapat yang shahih menurut ashab kita juga ketetapan imam asy-Syafi’I adalah sunnah ‘athirah,” 

Sedangkan menurut Imam Asy-Syafi’i hadis “Tidak ada (perintah) fara’ juga ‘athirah”. (HR. Abu Dawud) memiliki tiga makna, yaitu;

1. Tidak ada kewajiban ‘athirah,

2. Larangan ‘athirah dengan niat dipersembahkan kepada berhala sebagaimana adat orang Arab Jahiliyah,

3. Taraf kesunnahan dan pahalanya tidak menyamai perintah berkurban karena ‘athirah dikategorikan sebatas sedekah. 

Simpulan yang dapat dipahami di sini adalah menyembelih hewan yang kemudian disedekahkan di bulan Rajab yang dikenal dengan tradisi ‘Athirah atau Rajabiyah adalah sunnah menurut mazhab Syafi’i. Sedangkan, menurut mazhab Hanafi, Maliki dan Hanbali tidak disunnahkan ‘Athirah atau Rajabiyah. Hal ini semua adalah keberagaman ijtihad para ulama dalam ilmu fiqih yang harus kita hormati.  

Terlepas dari perkhilafan ini, para ulama sepakat bahwa bulan Rajab adalah salah satu dari bulan-bulan haram yang disunnahkan untuk banyak bersedekah, beramal saleh serta beribadah kepada Allah.

Semoga bulan Rajab ini dapat kita maksimalkan dengan banyaknya ibadah, sedekah serta beramal shalih sebagai bekal kita di hari akhirat. Wallahu ‘alam bis shawab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.