Sukses

11 Golongan Orang Beruntung Bebas Tanpa Hisab di Hari Kiamat, Sebagian Ada di Sekitar Kita!

Ternyata ada golongan orang yang beruntung. Yakni, orang-orang yang bebas tanpa hisab di hari kiamat. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Tiap manusia akan mempertanggungjawabkan perbuatannya di dunia pada Yaumul Hisab, hari kiamat.

Diriwayatkan, orang-orang dari zaman Nabi Adam hingga yang hidup hingga akhir zaman (kiamat kubra) akan dibangkitkan dan dikumpulkan di Padang Mahsyar.

Manusia dibangkitkan dengan berbagai macam bentuk dan kondisi. Ada yang wajahnya cerah bersinar, namun ada pula yang bermuram durja.

Bahkan, ada pula yang dibangkitkan serupa monyet, babi, berjalan dengan kepala di bawah, melata dan lain sebagainya. Pendek kata, pada hari itu umat manusia tak akan bisa menyembunyikan dosa dan aibnya selama di dunia.

Waktu genting dan paling dikhawatirkan adalah pada Yaumul Hisab, yakni hari penimbangan. Pada hari itu, amalan umat manusia akan dihisab dan diperhitungkan dengan skala ketelitian yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Namun, ternyata ada golongan orang yang beruntung. Yakni, orang-orang yang bebas tanpa hisab di hari kiamat. Siapa saja mereka?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Orang Istimewa Tanpa Hisab di Hari Kiamat

Mengutip laman Nu Jabar, dari sekian umat yang diciptakan oleh Allah Swt hanya orang-orang istimewalah yang tidak akan dihisab, Habib Abdullah bin Husein bin Thohir Ba’alawi dalam Is’adur Rofiq menyebutkan ada sejumlah orang yang bernasib baik tanpa hisab di akhirat, yaitu

فائدة: ورد في الأحاديث أن من ابتلى بذهاب بصره أو غيره من البلايا فصبر حتى يلقى الله، ومن مات بطريق مكة ذاهبا أو آيبا، وكل رحيم صبور، وطالب العلم، والمرأة المطيعة لزوجها، والبار بوالديه، والماشي في حاجة أخيه المسلم، ومن ربى صبيا يقول "لا إله إلا الله"، ومن مات ليلة الجمعة أو يومها، ومن بلي بمصيبة في بدنه أو ماله فصبر، ومن قرأ سورة القدر بعد وضوئه ثلاثا، ومن حفر بئرا بفلاة إيمانا واحتسابا، لا يحاسبون. 

Pengumuman, tersebut di dalam banyak hadits bahwa orang-orang berikut ini insya Allah tidak akan dihisab di akhirat. 

Mereka adalah orang yang diuji dalam bentuk kehilangan penglihatan atau ujian lainnya lalu bersabar hingga wafat, orang yang wafat di tengah jalan baik menuju Mekkah maupun sepulangnya, setiap orang penyayang lagi penyabar, perempuan yang ta’at kepada suaminya, orang yang berbakti kepada orang tuanya, orang yang berjalan untuk membantu orang lain yang sedang memiliki hajat, orang yang mendidik anak kecil mengucap “La ilaha Illallah”, orang yang wafat siang atau malam Jum’at, orang yang kena musibah pada fisiknya atau hartanya lalu bersabar, orang yang membaca surat Al-Qodar sebanyak 3 kali usai berwudhu, dan orang yang membuat sumur di tanah lapang secara ikhlas untuk kepentingan umum.

3 dari 3 halaman

11 Golongan Tanpa Hisab di Hari Kiamat

Dari hadis di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa setidaknya ada 7 golongan tanpa hisab di hari kiamat. Mereka adalah:

1. Orang yang diuji dalam bentuk kehilangan penglihatan atau ujian lainnya lalu bersabar hingga wafat

2. Orang yang wafat di tengah jalan baik menuju Makkah maupun sepulangnya.

3. Setiap orang penyayang lagi penyabar

4. Perempuan yang ta’at kepada suaminya

5. Orang yang berbakti kepada orang tuanya

6. Orang yang berjalan untuk membantu orang lain yang sedang memiliki hajat

7. Orang yang mendidik anak kecil mengucap “La ilaha Illallah”

8. rang yang wafat siang atau malam Jum’at.

9. Oorang yang kena musibah pada fisiknya atau hartanya lalu bersabar

10. Orang yang membaca surat Al-Qodar sebanyak 3 kali usai berwudhu, dan

11. Orang yang membuat sumur di tanah lapang secara ikhlas untuk kepentingan umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.