Sukses

Oklin Fia Disebut Bakal Jadi Duta MUI, Ini Bantahan Menohok Kiai Cholil Nafis

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Ukhuwah dan Dakwah, KH M Cholil Nafis dengan tegas membantah kabar Oklin Fia bakal jadi duta MUI

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Oklin Fia akan jadi duta MUI mengguncang dunia maya. Banyak warganet yang bertanya-tanya, kenapa bisa seseorang yang tak mencerminkan akhlaq yang baik bisa menjadi duta majelis ulama.

Pernyataan Oklin Fia akan menjadi duta MUI itu disampaikan oleh Budiansyah, kuasa hukum Oklin Fia. Mengejutkannya, Budiansyah menyebut bahwa Oklin Fia ke depannya akan menjadi Duta MUI serta cocok sebagai inspirasi anak-anak muda.

Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, dalam sebuah pernyataan yang rekamannya diunggah ulang oleh berbagai pengguna akun media sosial, Budiansyah awalnya mengatakan bahwa Oklin Fia ke depannya ingin terus memperbaiki diri.

“Oklin sendiri sudah menyampaikan permohonan maaf dan sangat menyesali perbuatannya. dan berjanji ingin memperbaiki dirinya, dan ini adalah sesuatu yang luar biasa” kata tim kuasa hukum Oklin Fia ke awak media, dikutip dari unggahan akun Instagram @pembasmi.kehaluan.reall pada Selasa (05/09/2023).

“Oklin dibimbing, dipersilakan untuk terus berkarya. Silakan membuat konten-konten yang kreatif. Jangan sampai masalah ini membuat Oklin itu menjadi tidak kreatif lagi, tidak mau bermedia sosial lagi. Malah dipersilakan untuk terus berkreasi tapi dengan konten-konten yang lebih positif,” ia menyambung.

Kuasa hukum Oklin Fia pun menyebut bahwa kliennya bisa menjadi inspirasi anak-anak muda masa kini, dan ke depannya bakal ditunjuk sebagai Duta MUI. Namun begitu, Budiansyah tak tahu rincian mengenai ditunjuknya Oklin Fia sebagai Duta MUI.

“Oklin ini akan menjadi sebuah inspirasi bagi anak-anak muda yang tadinya mereka terpeleset, ‘Oh saya masih diberikan tempat, saya masih diberikan ruang, kesempatan untuk menginspirasi orang-orang’,” ujar Budiansyah.

“Saya tidak tahu detailnya seperti apa, tetapi lebih pada menjadi duta MUI saja,” sambungnya perihal isu Oklin Fia menjadi Duta MUI.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantahan MUI

Menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Ukhuwah dan Dakwah, KH M Cholil Nafis dengan tegas membantah berita yang tersebar di masyarakat luas.

Menurutnya, MUI tidak pernah memberikan penghargaan sebagai Duta MUI kepada selebgram kontroversial itu.

“Saya tegaskan bahwa di MUI tidak pernah berpikir, tidak pernah memutuskan untuk menjadikan Oklin Fia sebagai duta MUI,” ungkap Kiai Cholil, mengutip laman mui.or.id, Rabu (6/9/23).

Diketahui, selebgram Oklin Fia saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di sosial media. Hal tersebut bermula dari konten tak pantas yang diunggah pada akun media sosialnya yang mengundang banyak tanggapan bahwa konten yang dilakukan Oklin Fia tersebut sangat tidak pantas.

Ditambah, konten sensitif tersebut dilakukan dengan menggunakan hijab yang merupakan salah satu identitas Muslimah berhijab. Atas perbuatannya itu, Oklin Fia pun dilaporkan ke polisi atas dugaan penistaan agama.

Lebih lanjut, Kiai Cholil Nafis menyampaikan kekecewaannya terhadap salah satu publik figur yang justru memberikan contoh buruk kepada bangsa Indonesia. Dia berharap, melalui kejadian ini, masyarakat Indonesia (khususnya Oklin Fia) menjadi masyarakat yang lebih cerdas dalam menggunakan media sosial dan tidak sembarangan memberikan konten kepada hal layak umum.

“Tentunya ini menjadi pelajaran kepada Oklin Fia agar besok-besok menggunakan media sosial lebih cerdas dan memberikan nilai kebaikan, karena efeknya kadang tidak terkira seperti yang dirasakan sekarang, sampai ada yang melaporkan ke pihak terkait untuk penegakan hukumnya,” kata Kiai Cholil.

“Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran kepada kita semua, sekali lagi Oklin Fia tidak pernah dibahas di MUI untuk dijadikan duta MUI, tidak pernah dibahas apalagi diputuskan jadi duta MUI,” kata Kiai Cholil menambahkan.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.