Sukses

Jemaah Haji Gelombang 2 Diberangkatkan Hari Ini, Diimbau Pakai Ihram Sejak di Embarkasi

Kemenag mengimbau, para jemaah haji gelombang dua ini agar sudah mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi di Tanah Air.

Liputan6.com, Madinah - Jemaah haji gelombang kedua akan diberangkatkan dari Indonesia ke Tanah Suci mulai hari ini, Rabu (7/6/2023). Mereka akan menjadi kelompok terbang (kloter) pertama yang mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada Kamis (8/6/2023).

Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau para jemaah haji gelombang dua ini agar sudah mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi di Tanah Air. Sebab mereka akan langsung menuju Makkah untuk memulai ibadah umrah haji atau umrah wajib.

“Jemaah haji diminta untuk mengenakan kain ihram semenjak dari embarkasi keberangkatan di tanah air, mengingat tidak tersedianya waktu yang cukup dan menghindari penumpukan jemaah saat kedatangan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah,” ujar Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag Arsad Hidayat.

Jemaah haji gelombang dua ini dapat mengambil miqat makani (batas tempat dimulainya umrah) di atas pesawat atau ketika sudah mendarat di Bandara Jeddah.

"Untuk pelaksanaan niat umrah, dapat dilakukan saat di pesawat ketika melewati wilayah Yalamlam atau ketika berada di Bandara King Abdul Aziz Jeddah menjelang keberangkatan ke Makkah,” tutur Arsad. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelayanan Prioritas Jemaah Lansia

Lebih lanjut, Arsad meminta seluruh petugas baik dari Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi di seluruh Indonesia maupun PPIH Arab Saudi, untuk memberikan prioritas pelayanan kepada jemaah haji lanjut usia (lansia).

Pelayanan prioritas itu bisa dilakukan sejak keberangkatan, di perjalanan, maupun saat kedatangan di Bandara Jeddah.

"Tahun ini kita mengusung semangat Haji Ramah Lansia. Semua petugas diminta untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji Indonesia, termasuk mereka yang masuk kategori lanjut usia,” katanya menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.