Sukses

Bosnia Gelar Bukber di Jembatan Mostar yang Bersejarah, Sekitar 1.300 Orang Hadir

Terdapat 1.300 orang berkumpul di Jembatan Mostar yang bersejarah di Bosnia-Herzegovina untuk berbuka puasa Ramadhan 2023 bersama.

Liputan6.com, Sarajevo - Hampir 1.300 orang berkumpul di Mostar Bridge atau Jembatan Mostar yang bersejarah di Bosnia-Herzegovina untuk berbuka puasa.

Para pemuda dari negara tersebut dan Serbia, Montenegro serta Kroasia berpartisipasi dalam buka puasa yang diselenggarakan oleh Persatuan Islam negara tersebut.

"Kami telah mengadakan buka puasa bersama di bawah Jembatan Mostar selama sembilan tahun. Jadi kami senang bisa menjamu orang-orang yang berpuasa Ramadhan dari Bosnia-Herzegovina dan sekitarnya," kata penyelenggara Hana Omerika, dikutip dari Daily Sabah, Jumat (14/4/2023).

Jembatan Mostar, juga dikenal sebagai Stari Most, adalah bangunan bergaya Utsmaniyah abad ke-16 di Mostar, Bosnia-Herzegovina. Jembatan itu merupakan ikon budaya yang penting dan sangat penting bagi masyarakat Mostar dan Bosnia-Herzegovina.

Jembatan Mostar dibangun pada 1566 selama era Ottoman dan memainkan peran penting dalam menghubungkan kedua sisi kota yang dipisahkan oleh Sungai Neretva. Itu adalah mahakarya arsitektur yang dirancang oleh arsitek Ottoman Mimar Hayruddin.

Jembatan itu juga dibangun dengan batu lokal dan berdiri selama lebih dari 400 tahun, selamat dari beberapa konflik dan perang.

Selama Perang Bosnia pada 1990-an, Jembatan Mostar dihancurkan oleh tembakan artileri dan banyak landmark budaya dan sejarah lainnya di kota. Penghancuran jembatan tersebut merupakan kerugian yang signifikan bagi masyarakat Mostar dan Bosnia-Herzegovina, meninggalkan bekas luka yang dalam pada warisan budaya kota.

Setelah perang, upaya dilakukan untuk mengembalikan Jembatan Mostar ke kejayaannya, dan pada 2004, jembatan tersebut dibangun kembali menggunakan metode dan bahan tradisional. Rekonstruksi melambangkan harapan dan rekonsiliasi bagi rakyat Mostar dan Bosnia-Herzegovina yang sangat menderita selama perang.

Kini, Jembatan Mostar adalah situs Warisan Dunia UNESCO dan daya tarik wisata yang signifikan. Itu telah menjadi simbol warisan budaya kota, mewakili sejarahnya yang kaya dan ketahanan masyarakatnya.

Selain itu, Jembatan Mostar berfungsi sebagai pengingat akan pentingnya melestarikan landmark budaya dan mempromosikan keragaman dan toleransi budaya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Israel: Non-muslim Dilarang Kunjungi Kompleks Masjid Al-Aqsa hingga Akhir Ramadhan

Bicara soal Ramadhan, Israel baru-baru ini memutuskan untuk melarang pengunjung non-muslim memasuki Kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki hingga akhir bulan Ramadhan.

Pernyataan kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Selasa (11/4/2023) menyebutkan bahwa keputusan itu dibuat setelah penilaian komprehensif tentang situasi keamanan di Tepi Barat dan Yerusalem Timur, yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan Yoav Gallant, Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir, dan para kepala dinas keamanan. Demikian seperti dilansir kantor berita Anadolu, Rabu (12/4/2023). 

Ben-Gvir menggambarkan keputusan itu sebagai kesalahan serius yang tidak akan membawa perdamaian, malah berisiko meningkatkan situasi keamanan lebih lanjut.

"Ketika terorisme menyerang, kita harus menyerang balik dengan kekuatan besar, bukannya menyerah pada keinginannya," ujar Ben-Gvir seperti dikutip dari The Guardian.

Di bawah status quo Masjid Al-Aqsa, non-muslim dapat mengunjungi situs suci tersebut pada waktu-waktu tertentu, tetapi tidak diizinkan berdoa di sana.

Baca selebihnya di sini...

3 dari 4 halaman

Polisi Dubai Tangkap 88 Pedagang Kaki Lima Sejak Awal Ramadhan, Disebut Melanggar Peraturan Kesehatan dan Keselamatan Masyarakat

Kemudian, sejak awal bulan suci Ramadhan, Departemen Pengendalian Penyusup di Kepolisian Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), bekerja sama dengan kantor polisi dan mitra strategis lainnya. Mereka telah menangkap 88 pedagang kaki lima dan menyita beberapa kendaraan yang digunakan untuk menjual buah dan sayuran secara ilegal.

Tindakan para pedagang kaki lima itu disebut melanggar peraturan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Direktur Departemen Pengendalian Penyusup di Departemen Investigasi Kriminal Umum, Kolonel Ali Salem Al Shamsi, menyatakan bahwa penangkapan para pedagang kaki lima dan penyitaan kendaraan penjual sayuran yang tidak patuh itu adalah bagian dari upaya untuk menghilangkan perilaku negatif dan memastikan tingkat keamanan dan keselamatan tertinggi bagi anggota masyarakat. Demikian seperti dikutip dari Emirates 247, Sabtu (8/4/2023).

Kolonel Ali Salem menjelaskan bahwa fenomena seperti itu akan terus berlanjut jika anggota masyarakat menunjukkan minat dan keterlibatan, terutama di daerah ramai pekerja dan di dekat tempat tinggal mereka.

Baca selebihnya di sini...

4 dari 4 halaman

Masjid Nabawi Arab Saudi Terima 10 Juta Lebih Jemaah Selama Ramadhan, Operasi Sterilisasi Ditingkatkan

Arab Saudi juga tidak lama ini mengatakan pada Senin, 3 April 2023 bahwa Masjid Nabawi di Kota Madinah telah menerima lebih dari 10 juta jemaah sejak awal Ramadhan.

Presidensi Umum untuk Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah memperluas jangkauan layanan kepada jemaah di Masjidil Haram, Saudi Press Agency melaporkan.

Layanan tersebut meliputi pembagian paket air suci Zamzam, bimbingan multibahasa, mengelilingi Ka'bah, dan pembagian gelang pelacak kepada anak-anak untuk melindungi mereka agar tidak tersesat di tengah kerumunan orang.

Sebelumnya, aturan fotografi dan videografi baru diumumkan oleh Kementerian Haji dan Umrah untuk Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

"Di Dua Masjid Suci, kami memperhitungkan kesucian tempat itu, jadi kami memiliki etiket fotografi, dan kami menjaga hak orang lain," kata kementerian melalui pernyataan yang dirilis melalui Twitter, dilansir dari Arabian Business, Rabu (12/4/2023).

Masjid Nabawi biasanya menerima pengunjung dan jemaah dalam jumlah besar selama 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan. Untuk itu, Badan Kepresidenan Umum Urusan Masjid Nabawi telah memaksimalkan upaya agar lonjakan jumlah jemaah dan pengunjung pada periode tahun ini dapat dilayani melalui sistem pelayanan terpadu 24 jam.

Baca selebihnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.